sign up SIGN UP

Muncul Webiste PeduliLindungi PALSU, Waspada Data Pribadi Kena Bajak!

Rini Apriliani | Minggu, 12 Sep 2021 08:15 WIB
Muncul Webiste PeduliLindungi PALSU, Waspada Data Pribadi Kena Bajak!
caption
Jakarta -

PeduliLindungi menjadi aplikasi yang kini disarankan pemerintah untuk digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dimana aplikasi ini dapat melakukan pelacakan digital untuk membantu menghentikan penyebaran virus Covid-19. Namun baru-baru ini, kehadiran website PeduliLindungi palsu begitu meresahkan. 

Situs ilegal tersebut bernama pedulilindungia.com, yang mana memiliki tampilan sama dengan situs PeduliLindungi yang asli, yakni pedulilindungi.id.

Parameter aman cek sertifikat vaksin di PeduliLindungi/instagram/_nien_17Aplikasi PeduliLindungi/ Foto: Instagram/_nien_17

Perlu diperhatikan, jika dalam URL situs PeduliLindungi palsu terdapat penambahan huruf A. Perbedaan kecil inilah yang sangat rawan karena dapat mengecoh masyarakat jika tidak teliti saat mengaksesnya.

Terdapat fasilitas pendaftaran vaksinasi dan pengecekan vaksin Covid-19 dalam website tersebut. Bahayanya, website ini berusaha menampung banyak data korban. 

Apabila kamu ingin mengakses situs ini untuk berbagai hal, kemudian mengisi data yang diminta, maka data pribadi yang dikumpulkan tersebut bisa saja digunakan untuk aktivitas kejahatan yang tentu nantinya akan merugikanmu sendiri.

Cara scan barcode dan sertifikat vaksin di PeduliLindungi/instagram/artotelthamrinAplikasi PeduliLindungi/Instagram.com/artotelthamrin

Adanya permasalahan ini, Johnny Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika angkat bicara. Ia mengatakan jika saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah melakukan pemutusan akses terhadap situs palsu tersebut. Saat ini pun sedang dalam proses update sistem dari masing-masing ISP (internet service provider).

"Kami menghimbau masyarakat untuk hanya mengakses situs resmi PeduliLindungi.id dan aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store," ujar Johnny, seperti yang dilansir dari CNBC Indonesia, Minggu (12/9).

Maka dari itu, menghindari pembajakan data, kamu perlu hati-hati lagi ya, Beauties! Jangan sampai data pribadi yang memang sangat perlu digunakan untuk berbagai masalah penting ini malah dibajak begitu saja oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

Gunakanlah aplikasi PeduliLindungi yang telah disarankan oleh pemerintah sebagaimana mestinya. Selain memudahkan, tentu juga lebih aman bukan?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id