sign up SIGN UP

Musim Hujan Rawan Bikin Ular Bersarang di Rumah! Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya

Fina Prichilia | Rabu, 24 Nov 2021 14:30 WIB
Musim Hujan Rawan Bikin Ular Bersarang di Rumah! Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya
caption
Jakarta -

Musim hujan tengah mengguyur, bahkan mendatangkan banjir di beberapa titik. Pada saat memasuki musim hujan seperti ini, yang perlu kamu waspadai juga adalah tamu yang tak diundang: ular.

Pasalnya, ular menyukai tempat yang gelap dan lembap. Ini berpotensi ada pada sudut-sudut rumahmu, terutama di penghujung tahun, Beauties, makanya banyak dilaporkan ular yang masuk ke rumah-rumah warga juga sekolah.

Mengutip dari CNN, Amir Hamidy, seorang ahli herpetologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), telur kobra menetas di musim hujan itu adalah siklus normal dalam kehidupan normal. Tepatnya ular kobra sering menetas di musim penghujan, puncaknya di bulan Desember.

Telur ular piton yang ditemukan di pekarangan rumah warga di Makassar. (dok. Istimewa)Foto: Telur ular piton yang ditemukan di pekarangan rumah warga di Makassar. (dok. Istimewa)

Nah, area rumah sering dijadikan tempat bersarang dan bertelur ular kobra, itu salah satunya karena lingkungan rumah yang menyediakan ruang menguntungkan seperti ketersediaan pakan bagi kobra. Misalnya saja karena banyak tikus di rumah, yang mana ini adalah makanan ular.

Yang Perlu Dilakukan untuk Hindari Ular untuk Bersarang di Rumah

Membersihkan Rumah

Pastikan kamu juga seluruh anggota di rumah membersihkan rumah secara teratur. Segera singkirkan barang-barang yang sudah tak dibutuhkan, untuk menghindari penumpukan barang bekas, serta mendatangkan tikus. Pasalnya, banyak tikus di rumah, itu bisa memancing ular untuk datang.

Pastikan Sinar Matahari Bisa Masuk dan Sirkulasi Udara yang Baik

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ular menyukai tempat gelap dan lembap. Untuk itu, lakukanlah sebaliknya, yakni menjaga agar sirkulasi udara pada ruangan yang baik, serta sinar matahari yang masuk untuk menerangi dan membuat hangat.

Ular muncul di plafon rumah warga di JakbarUlar muncul di plafon rumah warga di Jakbar/ Foto: dok. Istimewa

Garam Tidak Efektif

Menurut Amir, menabur garam itu tidak efektif lho, Beauties. Daripada begitu, lebih baik kamu berikan wangi-wangian yang menyengat karena hal itu tidak disukai ular.

Tutup Lubang Tikus

Ya, kamu perlu mengecek seluruh area rumah dan jika menemukan adanya lubang tikus, segera tutup. Bisa itu di selokan, kamar mandi, juga lubang air.

[Gambas:Youtube]

--------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id