sign up SIGN UP

Pembalut Bekas Sekali Pakai Wajib Dicuci Sebelum Dibuang, Benarkah?

tjitradewi | Selasa, 17 Aug 2021 21:30 WIB
Pembalut Bekas Sekali Pakai Wajib Dicuci Sebelum Dibuang, Benarkah?

Menstruasi akan dialami oleh seluruh perempuan yang sudah mengalami pubertas. Di Indonesia sendiri, pembalut masih menjadi alat sanitasi yang paling banyak dipilih, disamping tampon, menstrual cup, maupun cloth pads. Meski banyak dan telah lama digunakan, pun masih ada sejumlah perdebatan mengenai pembalut, salah satunya adalah perlu tidaknya mencuci pembalut bekas sekali pakai.

Sejumlah perempuan memiliki keyakinan bahwa darah haid merupakan darah kotor yang bisa mengundang jin jika tak dicuci bersih. Sementara itu, perempuan lainnya berpendapat bahwa pembalut bekas tak perlu dicuci karena pembalut sekali pakai diciptakan, agar bisa langsung dibuang tanpa perlu dibersihkan.

Lalu, yang mana yang benar?

Ilustrasi pembalutIlustrasi pembalut/Foto: Freepik.com

Dari sisi keyakinan umat beragama Islam, pada 2016, Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan panduan Haid dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam. Di halaman 32 dalam panduan tersebut disebutkan bahwa tidak ada kewajiban untuk mencuci pembalut sekali pakai hingga bersih.

"Tidak dijumpai satupun ulama yang diakui keilmuannya yang memberikan penjelasan bahwa para wanita dianjurkan untuk membersihkan bekas pembalut yang menampung darah haid ketika hendak dibuang dan tidak lagi digunakan."

"Hanya ada perintah wajib membersihkan najis darah haid yang melekat pada badan/tubuh/pakaian kita, apabila hendak melaksanakan shalat," jelas panduan yang bisa diakses melalui website Unicef tersebut.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum membuang pembalut bekas, Beauties. Apa saja?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id