sign up SIGN UP

Seberapa Sering Pembalut Harus Diganti?

Lulu Lukyani | Minggu, 23 May 2021 14:15 WIB
Seberapa Sering Pembalut Harus Diganti?
caption
Jakarta -

Menjaga kebersihan area kewanitaan selama menstruasi sangat penting untuk menjaganya tetap sehat. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengganti pembalut saat menstruasi. The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan untuk mengganti pembalut setiap 4 hingga 8 jam setiap hari.

Namun, ini hanya saran umum. Seberapa sering kamu harus mengganti pembalut bergantung pada jenis pembalut yang digunakan dan volume darah saat menstruasi.

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti pembalut?

Ilustrasi pembalut
Ilustrasi pembalut/Freepik

Dilansir dari Healthline, pembalut harus diganti sebelum penuh. Kamu bisa memantau seberapa penuh pembalutmu secara rutin. Jika pembalut sudah terasa basah dan tidak nyaman, berarti sudah saatnya kamu mengganti pembalut yang kamu gunakan.

Kuncinya adalah mengganti pembalut secara rutin untuk menghindari kebocoran, rasa tidak nyaman, dan bau tak sedap akibat darah menstruasi. Keringat dan bakteri di area kewanitaan akan mengakibatkan bau tak sedap jika pembalut dibiarkan cukup lama.

Meski bau darah menstruasi adalah hal yang normal, tetap menjaga kebersihan area kewanitaan adalah hal yang sangat penting.

Berapa banyak pembalut yang digunakan dalam sehari?

Ilustrasi pembalut
Ilustrasi pembalut/Freepik

Untuk pertanyaan ini, tidak ada jawaban yang mutlak karena perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Perkiraan umum, setiap harinya kamu membutuhkan 4 hingga 5 pembalut dengan asumsi kamu tidur malam hari selama 7 am.

Berikut adalah faktor-faktor yang membuatmu membutuhkan lebih banyak pembalut saat menstruasi.

1. Olahraga

Keringat bisa membuat area kewanitaan lebih basah dan berbau. Selain itu, berolahraga saat menstruasi bisa jadi membuat pembalutmu bergeser dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

2. Cuaca panas

Semakin panas cuaca, tubuh akan semakin lembap, termasuk di daerah kewanitaan. Saat menstruasi, jangan biarkan area kewanitaan terlalu lembap. Jagalah agar tetap kering dengan rutin mengganti pembalut.

3. Aktivitas harian

Bagi kamu yang memiliki aktivitas yang lebih padat, kemungkinan kamu membutuhkan lebih banyak pembalut saat menstruasi. Mengganti pembalut secara rutin pun akan membuatmu merasa lebih nyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Jangan lupa untuk membawa pembalut pengganti saat beraktivitas di luar rumah agar kamu tak kerepotan saat harus mengganti pembalut.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id