sign up SIGN UP

Pentingnya Tahu Diri Saat Beli Hadiah Buat Diri Sendiri

Dyah Na | Kamis, 13 May 2021 16:30 WIB
Pentingnya Tahu Diri Saat Beli Hadiah Buat Diri Sendiri
caption

Sekarang ini sedang banyak dikatakan kalau kita harus bisa mencintai diri sendiri, salah satunya adalah dengan self rewad atau membeli hadiah buat diri sendiri. Hal ini tentunya sangat baik karena kita juga perlu mengapresiasi kerja keras diri sendiri selama ini.

Meskipun begitu, memberi hadiah untuk diri sendiri juga ada batasannya. Jangan sampai kamu justru memberi self reward yang berakibat tidak baik seperti di bawah ini.

Terlalu Mahal

Ilustrasi Belanja Berlebihan/Foto: freepik.comTerlalu mahal/ Foto: freepik.com

Sesekali membeli barang yang mahal memang tidak masalah, tapi kamu juga perlu mengukur diri dan kemampuan. Jangan sampai karena alasan self reward, kamu malah membeli barang dengan cara utang. Belilah barang yang sesuai dengan uang yang kamu miliki. Jika kamu belum bisa membelinya, maka barang itu berarti memang belum saatnya untuk kamu miliki.

Tidak Sehat

Makanan dan Minuman yang Harus DihindariTidak sehat/ Freepik.com

Beberapa orang senang memberi self reward berupa makanan. Namun, tak jarang makanan yang dipilih adalah junk food yang tidak sehat untuk tubuh. Makanan tertentu memang punya rasa yang lezat. Tapi mengingat potensi masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan, sebaiknya kamu menghindari kebiasaan ini, ya.

Terlalu Sering

Belanja tidak menunggu diskonTerlalu sering/ pexels.com/ Foto: Dian Aprilia

Memberi self reward juga jangan dilakukan terlalu sering. Berilah self reward saat kamu sudah berhasil mencapai sesuatu yang besar atau berhasil menyelesaikan sebuah project yang benar-benar melelahkan. Kalau self reward dilakukan setiap saat, itu bukan self reward namanya, tapi konsumtif.

Merugikan Orang Lain

Jangan sampai self reward yang kamu lakukan justru merugikan orang lain. Misalnya, kamu merasa berhak liburan di tengah deadline pekerjaan yang genting. Hal ini hanya akan mengganggu flow kerja partner kerja kamu. Carilah waktu yang tepat untuk mewujudkan self reward agar kebahagiaanmu tidak menyusahkan orang lain.

Intinya, self reward bukanlah hal yang salah. Justru, self reward penting dilakukan agar kamu bisa menikmati hidup dan lebih fresh melakukan pekerjaan selanjutnya. Meskipun begitu, self reward juga ada batasannya. Pastikan kamu tidak melewati batas agar self reward tidak membuat kamu kesulitan di kemudian hari.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id