sign up SIGN UP

LIFE

Saat Hilang Semangat, Coba Lakukan 6 Hal Kecil Ini

Henny Alifah | Sabtu, 20 Feb 2021 20:00 WIB
Saat Hilang Semangat, Coba Lakukan 6 Hal Kecil Ini
Cara Membangkitkan Semangat/ Foto: Pexels.com
Jakarta -

Ada masa ketika kamu mungkin tidak semangat untuk melakukan apapun, bahkan tidak untuk rutinitas sehari-hari yang wajib dilakukan seperti membersihkan rumah atau menyelesaikan tugas kuliah. Penyebabnya bisa beragam.

Jika kamu seorang perfeksionis, mungkin kamu takut tidak bisa menyelesaikan tugas dengan sempurna. Di lain waktu, kamu mungkin sering menunda-nunda pekerjaan dan akhirnya malah kehilangan motivasi untuk mengerjakannya. Selain itu, kurangnya semangat juga bisa dikaitkan dengan masalah kesehatan mental.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat kehilangan semangat hidup seperti ini?

1. Gunakan aturan 10 menit

Setelah 10 menit
Cara Membangkitkan Semangat/ Foto: Pexels.com/Alina Vilchenko

Ketika kamu takut atau cemas dalam melakukan sesuatu, beri sugesti diri bahwa hal itu tidak menyeramkan seperti yang dibayangkan. Karena langkah pertama biasanya sangat berat, coba terapkan aturan 10 menit. Jadi, kerjakan tugasmu dan ambil istirahat setelah 10 menit, lalu tanyakan pada diri sendiri apakah kamu mau lanjut atau tidak. Biasanya, ketika sudah memulai, akan lebih mudah untuk terus lanjut.

2. Jalan-jalan menghirup udara segar

Jalan-jalan menghirup udara segar
Cara Membangkitkan Semangat/ Foto: Pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Udara segar, pemandangan yang berubah-ubah, dan sedikit olahraga bisa sangat bermanfaat untuk mengembalikan semangat. Dilansir dari Verywell Mind, sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa berjalan kaki sejauh setengah mil di taman dapat mengurangi kelelahan otak. Berada di alam menawarkan efek menenangkan yang meremajakan otak, yang dapat membantu memotivasi kamu untuk melakukan tugas berat. Jadi, cobalah pergilah ke taman atau kebun raya.

3. Pasangkan tugas yang ditakuti dengan sesuatu yang disukai

Mengerjakan tugas ditemani bau harum lilin aromaterapi
Cara Membangkitkan Semangat/ Foto: Pexels.com/Daria Shevtsova

Jika kamu sedih, bosan, kesepian, atau cemas, keinginan untuk mengatasi tantangan berat atau menyelesaikan tugas yang membosankan biasanya akan berkurang drastis. Biar tetap semangat, coba tingkatkan suasana hati dengan menambahkan sesuatu yang kamu suka ketika mengerjakan tugas yang berat. Misalnya,

  • Dengarkan musik saat berolahraga
  • Telepon teman, dan bicara dengannya saat sedang membersihkan rumah
  • Nyalakan lilin aromaterapi saat kamu mengerjakan tugas di depan komputer
  • Ajak teman untuk menjalankan tugas bersama
  • Nyalakan acara favorit saat menyetrika baju
  • Dan seterusnya

Namun, pastikan kesenangan tersebut tidak mengganggu kinerja kamu. Misalnya, menonton TV sambil menulis makalah dapat mengganggu dan semakin memperlambat kamu. Atau berbicara dengan teman saat sedang membersihkan rumah mungkin juga bisa mengganggu karena kamu tidak dapat fokus.

4. Atur ulang daftar to-do list

To-do list
Cara Membangkitkan Semangat/ Foto: Pexels.com/Polina Kovaleva

Kadang, saking banyaknya hal yang harus dilakukan, justru semakin tidak bersemangat untuk mengerjakannya. Dan jika semuanya tidak selesai tepat waktu, kamu mungkin menganggap diri sendiri malas atau tidak efisien. Hal ini bisa jadi bumerang, menyebabkan kamu kehilangan semangat dan semakin sulit untuk menyelesaikan lebih banyak hal.

Untuk itu, coba cek lagi daftar to-do list kamu. Jika terlalu panjang, singkirkan tugas yang sekiranya bisa ditinggalkan. Cek apakah tugas lain dapat dipindahkan ke hari lain. Prioritaskan hal terpenting dalam daftar, lalu pindahkan ke atas.

Sedikit perubahan dalam daftar to-do list bisa jadi akan memudahkan kamu dalam mengerjakannya. Dengan demikian, kamu bisa merasa lebih semangat untuk mulai membabat habis semua tugas dan pekerjaan.

5. Self care

Makan makanan sehat
Cara Membangkitkan Semangat/ Foto: Pexels.com/Daria Shevtsova

Kamu akan terus bergumul dengan masalah motivasi selama tidak merawat diri sendiri dengan baik. Kurang tidur, pola makan yang buruk, dan kurangnya waktu luang hanyalah beberapa hal yang dapat membuat hari-harimu semakin berat untuk dijalani.

Jadi, jangan lupa olahraga secara teratur, tidur yang cukup, banyak minum air, makan makanan yang sehat, meluangkan waktu untuk bersantai, serta menghindari kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan minum terlalu banyak alkohol.

6. Self reward

After this we're getting pizza
Cara Membangkitkan Semangat/ Foto: Pexels.com/Daria Shevtsova

Ciptakan hadiah kecil untuk diri sendiri atas kerja keras yang telah kamu lakukan. Misalnya, jika ada tugas makalah yang panjang, kamu dapat mengerjakannya dengan beberapa cara berbeda:

  • Tulis 500 kata, lalu istirahat 10 menit.
  • Makan satu potong coklat setelah 30 menit menulis.
  • Tulis satu halaman sehari, lalu pertahankan semangat dengan iming-iming bahwa kamu akan memiliki waktu luang untuk melakukan apa pun yang kamu inginkan setelah selesai mengerjakannya.
  • Menulis selama 20 menit, lalu habiskan 5 menit untuk mengecek media sosial.
  • Dan seterusnya, temukan cara mana yang paling cocok denganmu.

Namun, pastikan reward ini tidak menyabot kerja kerasmu. Menghargai kerja kerasmu di gym dengan camilan manis tentunya akan kontraproduktif.

Itu tadi enam hal apa yang harus dilakukan saat kehilangan semangat hidup. Jika semangat kamu tetap rendah selama dua minggu atau lebih, dan tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan saat kehilangan semangat hidup, carilah bantuan profesional.

Buatlah janji temu dengan dokter. Dokter mungkin akan memeriksa apakah kondisi kesehatan fisik memengaruhi energi dan suasana hatimu. Dokter mungkin juga merujuk kamu ke ahli kesehatan mental untuk menentukan apakah kurangnya semangat pada dirimu terkait dengan penyakit mental, seperti depresi. Selain itu, kamu bisa pertimbangkan untuk program terapi online untuk mengatasi masalah yang mendasarinya dan mengatasi kurangnya motivasi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id