sign up SIGN UP

LIFE

Perhatikan Kesehatan Si Mpus, Kenali Fakta Penyakit Scabies Pada Kucing!

Izzul Millati Umami | Kamis, 15 Oct 2020 17:00 WIB
Perhatikan Kesehatan Si Mpus, Kenali Fakta Penyakit Scabies Pada Kucing!
caption
Jakarta -

Ladies, kucing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia karena tingkah kucing yang lucu dan menggemaskan. Namun, kucing merupakan hewan yang mudah terserang penyakit, ladies. Salah satu penyakit kerap mengintai kucing adalah penyakit Scabies.

Scabies adalah jenis penyakit kulit yang menyerang kucing karena masuknya tungau kecil bernama Sarcoptes Scabiei ke dalam lapisan kulit luar. Tentu, penyakit ini cukup mencemaskan dan mengkhawatirkan para pecinta kucing. Padahal, ada beberapa cara untuk mencegah kucing terpapar penyakit Scabies, loh. Simak dulu fakta penyakit Scabies Pada Kucing berikut ini, yuk:


Tanda dan Gejala Penyakit Scabies

tanda penyakit scabies
tanda penyakit scabies/sumber:pixabay.com

Jika kucing kesayangan ladies sering garuk-garuk, maka patut diwaspadai, yah. Bisa jadi penyebabnya adalah kucing terserang penyakit Scabies. Tanda awal penyakit kulit ini adalah bulu kucing rontok dan gatal di sekitar telinga.

Di ujung daun telinga kucing juga terdapat kerak berwarna putih. Nah, ini tandanya kucing terserang tungau yang dapat menyebar ke area tubuh lain seperti wajah, leher, kelopak mata, perut, hingga telapak kaki. Jika dibiarkan akan terjadi infeksi yang menyebabkan luka parah. 

Penyebab Kucing Terpapar Penyakit Scabies

penyebab scabies
penyebab scabies/sumber:pixabay.com

Ada dua penyebab kucing terserang penyakit Scabies. Pertama, kucing terserang tungau di sekitar tempat tinggal kucing. Kedua, kucing terpapar tungau karena tertular dari hewan lain. Scabies tak hanya menyerang kucing saja, ladies. Hewan lain seperti anjing dan kelinci pun rawan terserang tungau. Untuk mencegahnya, lakukan pembersihan secara rutin terhadap kandang kucing.

Pencegahan

pencegahan scabies
pencegahan scabies/sumber:pixabay.com

Yups, pencegahan terhadap penyakit Scabies bisa dilakukan sejak dini agar terhindar dari salah satu penyakit kulit ini. Perhatikan kebersihan dan kesehatan kucing. Lalu, Rutin bersihkan  kandang dan barang-barang yang digunakan untuk merawat kucing seperti sisir, sikat, dan lain-lain dengan mendesinfeksi dan mencuci barang secara rutin. Jangan lupa, hindari tempat penitipan kucing yang tidak menjaga kebersihan dengan baik.

Pengobatan

pengobatan scabies
pengobatan scabies/sumber:pixabay.com

Jangan khawatir, kucing yang terserang penyakit Scabies bisa diobati, kok. Ketika membersihkan kucing gunakan shampoo yang mengandung sulfur, yah. Hal ini dipercaya dapat meringankan Scabies pada kucing.

Oleskan salep khusus obat Scabies yang berbahan gamexane, tecg, triamcolone, permethrin, dan petrolatum. Cara terakhir adalah dengan mengoleskan minyak VCO pada bagian tubuh kucing yang terserang Scabies. Cara ini cukup aman kok dan tidak akan menyebabkan efek samping pada kucing.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id