sign up SIGN UP

LIFE

Perlu Diketahui, 4 Hal Ini Bisa Membuat Orang Introvert Rentan Terkena Depresi

Ade Irma Suryani | Sabtu, 12 Sep 2020 22:00 WIB
Perlu Diketahui, 4 Hal Ini Bisa Membuat Orang Introvert Rentan Terkena Depresi
Ilustrasi Wanita yang sedang Menyendiri/Foto: Pexels.com
Jakarta -

Orang introvert umumnya adalah orang yang berkepribadian tertutup, tidak banyak bicara, senang menyendiri, dan tidak suka keramaian. Tentu saja antara introvert dan depresi adalah hal yang berbeda. Namun, beberapa dari ciri khas yang dimiliki oleh orang introvert ternyata bisa membuat mereka lebih cenderung rentan terkena depresi. Kira-kira apa saja itu? Berikut penjelasannya di bawah ini

 

1. Sering Overthinking 

Orang introvert kerap overthinking.
Sering Overthinking/Foto: Pexels.com 

Umumnya orang introvert cenderung berpikir mendalam tentang dirinya dan terhadap hal-hal di sekitarnya. Hal inilah yang terkadang sering membuat mereka malah menjadi overthinking ketika sedang menghadapi suatu masalah.


Alih-alih menyederhanakan masalah, orang introvert terkadang cenderung melarutkan diri ke dalam pemikiran-pemikiran yang tidak penting secara berlebihan. Tak jarang hal ini juga kerap membuat mereka menjadi mudah mengalami kecemasan secara berlebihan. Jika hal ini dibiarkan dan terus berlanjut, bukannya tidak mungkin nantinya akan berujung pada depresi.

 

2. Sulit dalam Bersosialisasi 

Umumnya introvert mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan banyak orang.
Sulit dalam Bersosialisasi /Foto: Pexels.com

Kecenderungan orang introvert biasanya mereka begitu pendiam, suka menyendiri, menghindari keramaian, dan terkadang juga pemalu. Karena itulah, hal semacam ini kerap membuat mereka menjadi kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar mereka. 

Apalagi jika hidup di tengah lingkungan yang sangat mengedepankan pergaulan atau bersosialisasi dengan banyak orang, tentunya hal ini bisa membuat orang introvert menjadi tertekan sendiri. Terlebih jika orang-orang sekitar seperti keluarga atau teman yang kurang memahami tentang keadaan mereka, sehingga tak jarang kerap dipaksa untuk berubah atau malah dicap sebagai antisosial. Karena berada dalam kondisi yang tidak dimengerti, mereka pun menjadi merasa begitu berbeda dan stres, sehingga juga bisa berujung pada depresi.

 

3. Sulit dalam Mengungkapkan Perasaan

Biasanya orang introvert cenderung mengalami kesulitan dalam Mengungkapkan perasaan.
Kesulitan dalam Mengungkapkan Perasaan/Foto: Pexels.com

Karena memiliki kepribadian yang agak tertutup dan jarang memiliki teman dekat, hal ini malah membuat orang introvert cenderung mengalami kesulitan dalam mengungkapkan perasaannya. Oleh sebab itu, mereka pun lebih cenderung memendam perasaannya.

Apalagi jika di sekeliling orang introvert adalah orang-orang yang kurang memahami mereka, tentunya mereka pun lebih merasa tidak nyaman lagi untuk berbagi cerita atau masalah yang sedang dihadapi. Akibat perasaan yang terus-menerus dipendam ketika ada masalah, hal ini bisa membuat orang introvert mengalami stres dan bisa rentan terkena depresi.

 

4. Sering Mengandalkan Diri Sendiri

Orang introvert cenderung lebih sering dalam mengandalkan dirinya sendiri.
Sering Mengandalkan Diri Sendiri/Foto: Pexels.com 

Karena lebih sering sendiri dan terbiasa dengan kondisi yang tidak mudah dekat dengan orang lain, maka orang introvert lebih cenderung mengandalkan dirinya sendiri dalam menghadapi sesuatu. Ketimbang meminta bantuan orang lain ketika ada masalah, orang introvert terbiasa menghadapi sesuatu dengan sendirinya. Karena itulah, mereka sering terlihat tampak kuat dan tegar saat sedang dalam masalah. 

Sikap semacam ini memang baik, namun sayangnya terkadang mereka terlalu berlebihan dalam mengandalkan diri sendiri. Mereka pun terkadang juga merasa tidak perlu ataupun malah segan meminta bantuan di saat ada masalah, dikarenakan tidak terbiasa dekat dengan lain. Padahal kenyataan sesungguhnya, mereka juga memerlukan bantuan orang lain dan terkadang merasa sangat ingin dibantu. Hal semacam ini tentunya bisa membuat orang introvert stres, merasa tidak diperhatikan, sehingga lama-kelamaan bisa mendekatkan ke arah depresi. 

Nah Beautynesian, itulah beberapa hal yang membuat orang introvert lebih rentan terkena depresi. Meskipun begitu, tentu saja tidak ada yang salah dengan bentuk kepribadian introvert. Hal terpenting, jangan terlalu berlebihan terhadap emosi yang kamu rasakan dan berusahalah untuk berbagi cerita dengan orang terdekatmu jika ada masalah. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id