sign up SIGN UP

LIFE

Siapa Bilang Si Introvert Gak Bisa Sukses Berbisnis? Mereka Juga Punya Kelebihan Ini, Lho!

Penny Fatikasari | Selasa, 30 Jun 2020 16:00 WIB
Siapa Bilang Si Introvert Gak Bisa Sukses Berbisnis? Mereka Juga Punya Kelebihan Ini, Lho!
caption
Jakarta -

Introvert identik dengan karakteristik seseorang yang pemalu, pendiam bahkan lebih suka menyendiri dan lebih memilih menjauh dari kerumunan banyak orang. Banyak orang yang berspekulasi bahwa seorang introvert enggak bisa memanajemen hal bisnis seperti seorang ektstrovert. Padahal kenyataannya enggak semua introvert bersikap demikian, lho! Seorang introvert justru memiliki peluang bisnis seperti halnya seorang pebisnis besar lainnya dengan kelebihan yang mereka miliki seperti berikut ini.

Berpikir Terlebih Dahulu Sebelum Bertindak

Berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak
Berpikir Sebelum Bertindak/Freepik.com

Siapa bilang jika seorang introvert enggak bisa berbisnis? Justru seorang introvert akan dengan hati-hati untuk meminimalisir segala kerugian dari usaha yang hendak ia bangun. Maka dari itu sebelum memulai berbisnis pun ia akan memikirkan segala kekurangan dan kerugian yang mungkin akan ia hadapi. Hal ini mereka lakukan agar mereka enggak gegabah dalam menjalani bisnisnya serta memikirkan segala dampak dari apa yang akan dilakukannya sebelum bertindak.


Memiliki Banyak Ide Baru

Memiliki banyak ide
Memiliki Banyak Ide Baru/Freepik.com

Siapa sangka dari karakteristik seorang introvert yang pendiam dan penyendiri ini ternyata memiliki banyak ide baru bahkan inovasi yang mungkin akan membuat banyak orang takjub dengan buah pemikirannya. Dengan begitu, seorang introvert pun akan terus mengeluarkan ide-ide baru yang mereka miliki tanpa harus memberitahu orang di sekelilingnya.

Namun tanpa kamu sadari, mereka akan berupaya semampunya untuk mewujudkan segala ide-ide dan inovasinya untuk memberikan berbagai manfaat bagi orang banyak walaupun tanpa diketahui oleh seorang pun. Tak hanya itu seorang introvert pun akan terus mengembangkan ide dan passion yang mereka miliki serta fokus akan tujuan awal yang ia inginkan.

Mau Menerima Saran dari Orang Lain

Menerima saran dari orang lain
Mau Menerima Saran dari Orang Lain/Freepik.com

Di balik ide dan inovasi cemerlang yang dimiliki oleh seorang introvert, mereka nggak sungkan untuk mendengarkan sekaligus menerima saran yang diberikan dari orang lain. Baginya, ia harus bisa menepiskan ego dan mempertajam perspektifnya.

Tidak Takut Gagal

Tidak takut gagal
Tidak Takut Gagal/Freepik.com

Seorang introvert bukanlah slow-worker, ia tidak akan pernah takut gagal dan siap untuk bangkit memperbaiki kesalahannya. Tak hanya itu, seorang introvert pun siap untuk menerima segala kritik dan menjadikannya sebuah motivasi untuk kembali meningkatkan usahanya yang mungkin mengalami naik turun. Ia tidak akan kehabisan cara untuk mengubah mindset dan progress perkembangan usaha yang dijalaninya.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id