sign up SIGN UP

PPKM Terus Diperpanjang, Simak 6 Cara Simpel Menjaga Pikiran Tetap Waras

Ratih Dewi | Sabtu, 21 Aug 2021 17:30 WIB
PPKM Terus Diperpanjang, Simak 6 Cara Simpel Menjaga Pikiran Tetap Waras
caption

Sesuai dengan keputusan pemerintah, PPKM diperpanjang lagi hingga 23 Agustus mendatang demi mengurangi tingkat terpaparnya virus covid-19. PPKM yang diperpanjang terus-menerus sejak 1 Juli dan belum ada kepastian kapan berakhir, memberikan dampak untuk banyak orang, termasuk kesehatan mental. 

Tidak hanya kesehatan jasmani saja yang harus dijaga selama pandemi, menjaga kesehatan mental juga sama pentingnya untuk membuat pikiran kita tetap sehat, tidak mudah cemas, stres, gelisah, ataupun merasa kesepian terutama yang jauh dari orang tua.

CDC (Center for Disease Control and Prevention) menjelaskan stres yang dialami seseorang selama pandemi bisa menyebabkan gangguan tidur, kehilangan nafsu makan, gangguan kecemasan, sulit berkonsentrasi, dan menurunnya imunitas tubuh, seperti yang dikutip dari laman Corona Jakarta. 

Untuk menjaga pikiran tetap sehat terutama mengelola stres selama PPKM berlangsung, Beautynesia sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu coba dan bisa share ke orang lain.

1. Membatasi Penggunaan Media Sosial

Membatasi Penggunaan Media Sosial
Membatasi Penggunaan Media Sosial/Foto: pexels.com/mikoto.raw Photographer

Dikutip dari laman detikHealth, rasa cemas semakin meningkat di masa pandemi dikarenakan informasi negatif yang banyak tersebar di media sosial tentang kasus covid-19. Mengetahui perkembangan kasus covid-19 memang diperlukan untuk lebih waspada, tapi pastikan informasi yang kamu baca yang positif dan valid. 

"Banyak informasi negatif terkait covid-19 yang tidak nyata dan tidak bisa dikendalikan, yang bisa membuat rasa cemas meningkat dan kekhawatiran akan menemui hidup yang berakhir," ujar Adhityawarman Menaldi, Dosen Fakultas Psikologis Universitas Indonesia. 

Dengan membatasi penggunaan media sosial untuk informasi yang positif, kamu akan lebih mudah saat mengontrol diri dan menjaga pikiran tetap sehat. 

2. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan
Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan/Foto : pexels.com/cottonbro

Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja. Jangan sampai selama PPKM berlangsung kamu tidak melakukan aktivitas apapun karena biasanya kamu banyak aktivitas di luar rumah, sebab hal itu rentan membuat kamu menjadi stres dan mengganggu pikiran kamu. 

Kamu bisa mencoba hal baru seperti belajar memasak, melukis, berkebun, atau aktivitas produktif lainnya untuk membuat kamu sibuk dan tidak terbebani dengan informasi negatif dari covid-19. Kalau kamu ada list drama, film, atau serial tontonan favorit kamu, bisa jadi momen yang pas untuk hiburan kamu. 

3. Rangkum Sisi Baik dari Pandemi

Rangkum Sisi Baik dari Pandemi
Rangkum Sisi Baik dari Pandemi/Foto : pexels.com/Anastasia Shuraeva

Untuk menjaga pikiran kamu tetap waras selama pandemi dan diberlakukannya PPKM ini, kamu bisa lihat sisi baik atau positif dari hal ini, seperti memiliki banyak waktu dengan keluarga, orang tua, bisa mencoba hal baru, juga bisa menghemat pengeluaran, contohnya untuk transportasi, makan di luar, atau lainnya. 

"Apapaun kondisi atau keadaan kita, sangat penting untuk melihat dan fokus pada sisi yang baik daripada sisi yang buruk. Kita juga harus fokus pada hal yang kita kuasai dan tidak," ujar Susan Albers, PsyD, ahli psikiater di Cleveland Clinic yang dikutip dari laman Health. 

4. Tetap Jalin Komunikasi melalui Virtual

Tetap Jalin Komunikasi melalui Virtual
Tetap Jalin Komunikasi melalui Virtual/Foto : pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Sebagai makhluk sosial, kita memang tidak bisa lepas untuk berinteraksi atau membutuhkan bantuan orang lain. Walaupun tidak bisa bertemu secara langsung face to face, masih tetap bisa berkomunikasi melalui virtual dan bisa juga melakukan banyak aktivitas virtual yang menyenangkan.  

Tetap saling memberikan dukungan dan semangat untuk membantu mengurangi stres dan perasaan terisolasi selama di rumah aja. Jika memiliki masalah, bicarakan dengan orang yang tepat dan bijak untuk membantu mengatasinya, tetap semangat ya Beauties! 

5. Konsumsi Makanan atau Minuman Favorit

Konsumsi Makanan atau Minuman Favorit
Konsumsi Makanan atau Minuman Favorit/Foto : pexels.com/KoolShooters

Makanan atau minuman yang kita konsumsi bisa memberikan dampak untuk kesehatan fisik dan mental kita, seperti beberapa makanan yang bisa membangkitkan mood menjadi lebih baik atau minuman yang membuat badan kita menjadi lebih segar. 

Dilansir dari laman MentalHealth, makanan atau minuman bisa mengelabui otak kita untuk membuat perasaan lebih baik, seperti cokelat bisa membuat mood seseorang jadi lebih baik karena meningkatkan kadar dopamin di tubuh kita. 

Pastikan juga selalu menjaga pola makanan dan minuman yang sehat untuk menjaga imunitas tubuh ya, Beauties! 

6. Bersabar dan Berbuat Baik untuk Diri Sendiri

Bersabar dan Berbuat Baik untuk Diri Sendiri
Bersabar dan Berbuat Baik untuk Diri Sendiri/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Atur pikiran kita untuk selalu bersabar tentang apapun yang sedang terjadi. Jika lelah istirahatlah, jangan terlalu memaksakan diri kamu. Jika lelah bekerja, istirahat dan lakukan sesuatu yang membuat kamu lebih rileks atau tenang, seperti mandi air hangat, menonton film, yoga, atau lainnya. 

Penting untuk tetap menjaga penampilan dan kesehatan kita sendiri agar tetap bisa beraktivitas dengan semangat walaupun PPKM terus diperpanjang. Seperti yang dikutip dari laman detikHealth, bersabar dan berbuat baik kepada diri selama pandemi merupakan hal yang penting. Tetap sehat dan semangat, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id