sign up SIGN UP

Psikolog atau Psikiater, Manakah yang Paling Tepat buat Konsultasi Kesehatan Mental?

Anindya Milagsita | Selasa, 12 Oct 2021 23:30 WIB
Psikolog atau Psikiater, Manakah yang Paling Tepat buat Konsultasi Kesehatan Mental?
caption

Beauties, mengalami gangguan kesehatan mental tentu bikin nggak nyaman bagi yang merasakannya. Mulai dari mengusik perasaan hingga berpengaruh pada kendali emosi pada diri seseorang. 

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mendatangi ahli profesional seperti psikolog ataupun psikiater. Seringkali dianggap sama, ternyata dua profesi ini berbeda, lho. Lantas apa ya bedanya dan mana yang paling tepat dipilih untuk mengatasi gangguan kesehatan mental?

Simak jawabannya lewat artikel berikut ini, yuk!

Apa itu Psikolog?

Mengenal profesi psikolog dalam dunia kesehatan mental.
Perbedaan psikolog dan psikiater dalam menangani masalah kesehatan mental/freepik/freepik

Melansir dari Healthline, psikolog memakai terapi berbicara untuk membantu mengatasi gangguan mental yang dialami seseorang, Beauties. Mereka pun cenderung bisa bertindak sebagai konsultan untuk seluruh program perawatan psikis bersama dengan penyedia layanan kesehatan yang lain. 

Oleh karena itu, seorang psikolog membutuhkan kemampuan berkomunikasi dengan baik agar dapat membantu seseorang yang mengalami kondisi psikis kurang baik. 

Tugas Seorang Psikolog

Tugas seorang psikolog.
Perbedaan psikolog dan psikiater dalam menangani masalah kesehatan mental/freepik/freepik

Lalu apa sajakah tugas seorang psikolog? Ahli profesional di bidang mental health ini melakukan diagnosis pada seseorang lewat observasi, wawancara, hingga survei. Terapi bicara pun dipilih dan menjadi pendekatan untuk fokus membantu seseorang mengatasi pola pikir negatif yang dialami. 

Perawatan kesehatan ini dapat dilakukan dengan duduk bersama untuk membicarakan berbagai masalah. Ahli profesional ini pun juga bisa memperoleh wawasan terkait perilaku yang mengganggu dan kurang nyaman untuk diungkapkan oleh seseorang, lho. Meskipun begitu, psikolog nggak bisa memberikan resep obat untuk seseorang atau pasien yang datang, Beauties. 

Apa itu Psikiater?

Mengenal profesi psikiatri.
Perbedaan psikolog dan psikiater dalam menangani masalah kesehatan mental/freepik/shurkin_son

Berbeda dengan psikolog, seorang psikiater merawat seseorang atau pasien yang mengalami gangguan psikis maupun mental yang memerlukan pengobatan. Seperti gangguan kecemasan, bipolar, depresi, trauma, hingga berbagai gangguan psikis lainnya. Ahli profesional yang satu ini memilih terapi berbicara, obat-obatan, hingga perawatan lain yang bertujuan untuk mengobati orang dengan masalah mental health

Tugas Seorang Psikiater

Mengenal tugas seorang psikiatri.
Perbedaan psikolog dan psikiater dalam menangani masalah kesehatan mental/freepik/shurkin_son

Masih dilansir dari Healthline, psikiater mendiagnosis seseorang dengan melakukan tes psikologi, tes laboratorium, hingga evaluasi. Tak hanya meresepkan obat secara langsung, psikiater pun bisa merujuk pasiennya ke psikoterapis untuk melakukan terapi atau meresepkan obat. 

Setelah meresepkan obat, ahli profesional yang satu ini akan mengevaluasi pasiennya dengan teliti untuk melihat apakah ada perubahan ataupun efek samping yang timbul, Beauties.

Manakah yang Tepat untuk Dipilih?

Memilih psikolog dan psikitiater untuk menangani kesehatan mental.
Perbedaan psikolog dan psikiater yang menangani masalah kesehatan mental/freepik/pressfoto

Setelah mengetahui perbedaan keduanya, manakah yang paling tepat untuk dipilih? Melansir dari Very Well Mind, kedua profesi ini memiliki peran yang serupa untuk membantu seseorang dengan gangguan kesehatan psikis atau mental, Beauties. Tak jarang keduanya justru berkolaborasi untuk memberikan perawatan terbaik bagi pasien mereka, lho. 

Memilih untuk datang ke psikolog ataupun psikiater menjadi keputusan pribadi masing-masing orang. Apakah kamu ingin melakukan perawatan lanjutan atau baru mau berkonsultasi seputar kondisi mental yang tengah dialami. Nantinya kamu pun akan diberi saran oleh kedua profesional di bidang mental ini untuk melakukan perawatan terbaik.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id