sign up SIGN UP

LIFE

Punya Kebiasaan Moody? Jangan Biarkan! Ini Cara Mengatasinya

Ade Irma Suryani | Senin, 14 Sep 2020 22:00 WIB
Punya Kebiasaan Moody? Jangan Biarkan! Ini Cara Mengatasinya
caption
Jakarta -

Pada umumnya, sifat moody memang kerap melekat pada wanita. Moody sendiri ialah suasana hati yang suka berubah-ubah. Bisa jadi pada awalnya sedang senang, namun tak berapa lama kemudian berubah menjadi murung, galau atau tiba-tiba marah. Memiliki kebiasaan semacam ini tentunya bisa membuat orang lain tidak suka. Oleh sebab itu, jika kamu termasuk seseorang yang memiliki kebiasaan moody, maka ada baiknya mulai saat ini kamu berusaha untuk mengontrolnya dengan baik.

Nah, berikut ada beberapa cara mengatasi kebiasaan moody yang kamu miliki. 

 

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Salah satu cara mengatasi sifat moody dengan menjalani kebiasaan hidup sehat.
Menerapkan Gaya Hidup Sehat/Foto: Pexels.com 

Membiasakan diri untuk menerapkan gaya hidup sehat juga sangat berperan penting dalam membantu mengatasi kebiasaan moody. Seperti halnya dengan memilih mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi secara teratur. Kamu pun juga perlu mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih baik, seperti coklat, pisang, alpukat, kacang mete dan lain sebagainya. Karena beberapa makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan kadar serotonin di otak, sehingga mood-mu dapat lebih stabil. Selain itu jangan pernah melewatkan sarapan, agar tubuhmu tetap berenergi.

Di samping itu, tetaplah meluangkan waktu untuk berolahraga secara rutin. Karena olahraga sendiri dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, sehingga dapat membuatmu menjadi lebih rileks.

 

2. Kenali Penyebabnya

Kenali penyebab yang memicu terjadinya moody.
Kenali Penyebabnya/Foto: Pexels.com   

Ketika kamu tiba-tiba moody, cobalah untuk mengenali atau mencari tahu penyebab munculnya suasana hati yang tidak enak tersebut. Nah, ketika kamu sudah mengenali penyebabnya, segeralah untuk mengalihkan pikiranmu ke hal lain. Cobalah untuk membawa pikiranmu ke hal-hal yang positif dan menyenangkan.  

Bisa jadi penyebab dirimu menjadi begitu mudah moody dikarenakan adanya masalah ataupun peristiwa masa lalu yang masih membebani pikiranmu. Namun, akan lebih baik jika kamu mencoba untuk lebih rileks dan memusatkan perhatian pada hal-hal yang membuat dirimu lebih bahagia.

 

3. Berhenti Menuntut Sesuatu Agar Sesuai Keinginan

Salah satu cara mengatasi sifat moody adalah dengan berhenti Menuntut sesuatu agar sesuai keinginan.
Berhenti Menuntut Sesuatu Agar Sesuai Keinginan/Foto: Pexels.com

Barangkali bisa jadi suasana hatimu yang kerap berubah-ubah didasari oleh keinginanmu yang suka menuntut sesuatu. Seperti halnya kamu suka menuntut atau menginginkan agar orang-orang memperlakukan kamu sesuai yang kamu inginkan. Terhadap pekerjaan atau rencana pun, kamu selalu berharap semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Namun ketika kenyataan tidak sesuai yang diharapkan, hal ini pun malah mengganggu mood-mu.

Tentunya kamu perlu menyadari, bahwa kenyataan kadangkala memang sering bertolak belakang dengan apa yang diinginkan. Oleh karena itu, sudah menjadi seharusnya bahwa kamu tidak perlu menuntut setiap sesuatu agar berjalan sesuai dengan keinginanmu.

 

4. Luangkan Waktu Khusus untuk Diri Sendiri

Cara mengatasi moody juga dengan meluangkan waktu khusus dengan diri sendiri.
Luangkan Waktu Khusus untuk Diri Sendiri/Foto: Pexels.com 

Dihadapkan oleh rutinitas yang melelahkan dan tidak kamu senangi setiap harinya, terkadang menjadi beban batin yang juga dapat mengacaukan mood-mu. 

Karena itulah, kamu juga sangat perlu meluangkan waktu khusus untuk dirimu sendiri dengan hal-hal yang kamu senangi. Cobalah untuk melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan mood-mu untuk menjadi lebih baik, seperti berlibur, shopping, menonton film kesukaan, melakukan hobimu dan lain sebagainya. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id