sign up SIGN UP

LIFE

Alasan yang Membuat Seseorang Bahagia Saat Melihat Laut

Ade Irma Suryani | Senin, 18 May 2020 09:00 WIB
Alasan yang Membuat Seseorang Bahagia Saat Melihat Laut
caption
Laut adalah salah satu tempat yang menjadi favorit banyak orang. Di saat seseorang sedang mengalami kesedihan, stres atau galau, banyak di antara mereka memilih pergi ke laut sekadar untuk menghibur dan menenangkan diri. Well, melihat laut memang bisa membuat perasaan seseorang menjadi tenang dan bahagia. Kira-kira apa ya alasannya? Berikut ulasannya di bawah ini.

Warna Biru yang Membawa Nuansa Ketenangan


Bisa dikatakan, bahwa salah satu hal yang membuat seseorang menjadi bahagia saat melihat laut adalah karena warnanya yang biru. Warna biru pada laut memang identik dengan nuansa yang dapat memberikan ketenangan dan kedamaian. Hal ini sendiri juga sesuai dengan kajian psikologi warna yang mengaitkan bahwa warna biru identik dengan perasaan damai dan tentram.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami stres, cemas atau kesedihan, sekedar menikmati pemandangan laut biru yang indah dan teduh bisa menjadi salah satu obat yang baik lho bagi kesehatan mental.


Foto: https://pixabay.com


 


Suara Deburan Ombak yang Membuat Rileks


Pernahkah kamu merasa nyaman saat mendengar deburan suara ombak di tepi pantai? Ya, ternyata suara ombak diketahui mampu mengaktifkan sistem saraf lho, sehingga dapat membuat seseorang merasa lebih rileks. Hal ini juga seperti yang dikatakan oleh William Dorfman yang merupakan seorang profesor psikologi di Nova Southeastern University, bahwa suara ombak putih yang pecah di bebatuan membuat otak menjadi rileks dan merangsang produksi hormon berupa serotonin dan dopamin yang dapat menenangkan tubuh. 

Oleh karena itu, mendengar deburan suara ombak selalu dapat menghadirkan sensasi ketenangan dan kedamaian. Selain itu, hal ini tentunya juga dapat mengurangi hormon stres pada seseorang.



Foto: https://pixabay.com


 


Pasir Pantai yang Dapat Meningkatkan Mood


Pastinya kamu setuju kan jika berjalan di pasir pantai tanpa alas kaki adalah hal yang menyenangkan dan membuat rileks? Apalagi berjalan sambil menikmati panorama pantai yang meneduhkan mata. Di samping itu, pada kaki juga terdapat banyak ujung saraf, sehingga titik-titik akupuntur kaki menjadi terstimulasi ketika menapaki pasir pantai. Hal ini tentunya akan membuat kaki dan tubuh menjadi lebih rileks.

Selain dapat menjadi lebih terhubung dengan alam, pasir pantai juga seperti scrub alami yang dapat membersihkan kulit mati. Hal ini juga membuat seseorang lebih bugar, karena dibutuhkan usaha ekstra saat berjalan di atas pasir yang halus daripada di atas tanah biasa. 


Foto: https://pixabay.com


 


Air Laut yang Baik Bagi Kesehatan Mental


Berenang atau bermain-main di air laut memang terasa sangat menyenangkan. Hal ini karena air laut dapat meningkatkan pelepasan hormon dopamin dan serotonin. Tentunya ini kegiatan yang sangat baik bagi kesehatan mental seseorang. Tak hanya itu, air laut juga kaya akan mineral yang dapat membantu menyembuhkan beberapa masalah kulit seperti psoriasis dan eksim. 


Foto: https://pixabay.com


 


Udara Laut yang Dapat Menenangkan Otak


Udara di pantai yang kita hirup ternyata dapat menenangkan otak. Hal ini lantaran udara laut mengandung ion negatif. Ion negatif ini sendiri diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ion negatif juga memiliki efek anti depresi dan dapat mengurangi gejala gangguan perasaan musiman. Tentunya selain membuat rileks dan damai, hal ini juga dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak.


Foto: https://pixabay.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id