sign up SIGN UP

Punya Wadah Bekas Makeup, Skincare dan Haircare, Gimana Cara Daur Ulangnya Ya?

Munjidah Hamsa | Selasa, 20 Oct 2020 12:00 WIB
Punya Wadah Bekas Makeup, Skincare dan Haircare, Gimana Cara Daur Ulangnya Ya?
caption
Jakarta -

Limbah sampah rumah tangga ternyata nggak hanya berasal dari dapur saja, Ladies! Produk dan alat skincare, makeup, dan haircare yang kamu miliki dan habis isinya ternyata juga bisa menjadi sampah. Jika kamu menerapkan sustainable lifestyle atau gaya hidup berkelanjutan, kamu juga wajib tahu gimana caranya membuang kemasan makeup, skincare, dan haircare yang tidak lagi dipakai agar tidak jadi limbah sampah yang sulit dikelola oleh alam.

Selain memilih produk dan alat makeup, skincare, dan haircare yang eco-friendly dan menggunakan bahan natural, kemasannya juga wajib kamu kelola dengan baik agar tidak menimbulkan permasalahan sampah yang sulit dikelola. Yuk, simak produk dan alat skincare, makeup, dan haircare apa saja yang bisa didaur ulang, ini list-nya!

Kemasan yang Bisa Kamu Daur Ulang Seluruhnya

1. Alat Kecantikan Elektronik

Hairdryer, hair straightener, curler, dan alat elektronik untuk kecantikan lainnya bisa didaur ulang
Hairdryer/ sumber: freepik.com

Pengering rambut, pelurus rambut, pengeriting rambut, dan alat kecantikan elektronik lainnya bisa kamu daur ulang. Carilah tempat daur ulang khusus benda elektronik untuk membuang alat-alat ini. Jika alat kecantikan elektronik masih bisa berfungsi namun sudah tidak kamu gunakan, maka donasikan ke yang membutuhkan atau jual secara online.

2. Botol Sampo, Kondisioner, dan Sabun Mandi

Kemasan botol beauty product seperti shampoo, conditioner, sabun, dan lain sebagainya yang berbahan plastik PET bisa didaur ulang.
Kemasan botol produk kecantikan/ sumber: freepik.com

Kemasan botol skincare dan haircare umumnya terbuat dari plastic PET yang tentunya bisa didaur ulang. Cek kemasan produk perawatan rambut dan kulit yang kamu beli dan pastikan ada logo daur ulang sebelum membuang kemasan tersebut ya!

3. Kaleng Deodoran, Hairspray, dan Aerosol Lainnya

Botol kemasan produk aerosol seperti hairspray, dry shampoo, dan deodoran bisa didaur ulang.
Botol aerosol/ sumber: freepik.com

Kemasan kaleng aerosol seperti deodoran, haispray, dan dry shampoo biasanya terbuat dari steel atau aluminium bertekanan. Kemasan ini bisa didaur ulang dengan bagian tutup kemasan yang telah dilepas sebelumnya. Pastikan untuk tidak menghancukan atau melubangi kaleng karena tekanan di dalamnya akan membuat ledakan terjadi.

Kemasan yang Bisa Didaur Ulang Sebagian

1. Botol Kemasan Foundation

Kemasan foundation atau makeup lain yang terbuat dari kaca atau plastik bisa didaur ulang setelah dipisahkan pump atau semprotannya.
Kemasan foundation/ sumber: freepik.com

Botol kemasan produk kecantikan yang terbuat dari kaca atau plastik sangat bisa didaur ulang. Namun, pastikan sebelum mengirim kemasan ini ke tempat daur ulang, kamu telah mencuci bersih botol kemasan dari sisa produk dan juga memisahkan dengan pump atau semprotan yang menempel.

2. Makeup Palettes

Wadah makeup palettes bisa didaur ulang setelah cermin dan magnet di dalamnya dilepas
Makeup palettes atau beauty palettes/ sumber freepik.com

Banyak palet makeup yang berisi magnet dan cermin di dalam kemasan atau case yang tentunya membuat sulit didaur ulang. Jika kamu akan mengirimkan case atau kemasan palet makeup yang terbuat dari plastik atau kardus tebal, kamu wajib melepaskan magnet dan cermin yang ada di dalamnya terlebih dahulu sebelum kamu jadikan sampah daur ulang.

3. Maskara

Kemasan maskara atau produk tube lainnya bisa didaur ulang setelah wand atau aplikator produk dilepas terpisah dan isi di dalamnya dicuci bersih.
Kemasan maskara/ sumber: freepik.com

Kemasan tube maskara atau produk untuk riasan mata bisa didaur ulang lho! Namun, pastikan kamu telah mencuci dan membersihkan bagian dalam tube sebelum menjadikannya sampah daur ulang dengan air hangat yang dicampur sabun. Bagian wand atau applicator maskara sebaiknya dipisahkan dan dicuci juga sebelum kamu serahkan ke tempat daur ulang ya!

Kemasan yang Tidak Bisa Didaur Ulang

1. Makeup Wipes atau Tisu Basah

Makeup wipes atau tisu basah tidak dapat didaur ulang kecuali yang berlabel biodegradable.
Makeup wipes atau tisu basah/ sumber: freepik.com

Tisu pembersih makeup atau tisu basah bukanlah produk yang bisa didaur ulang kecuali jika ada label biodegradable pada kemasannya. Jika kamu tidak ingin menambah sampah yang sulit didaur ulang atau terurai, sebaiknya kamu mulai beralih ke produk dan alat pembersih makeup yang less-waste seperti cleansing balm, cleansing oil, atau menggunakan reusable cotton pad. Kamu juga bisa hanya memilih wipes yang berlabel biodegradable saja.

2. Botol Cat Kuku

Botol kemasan cat kuku tidak bisa didaur ulang jika isi cat kuku di dalamnya tidak dibersihkan terlebih dahulu.
Botol cat kuku/ sumber: freepik.com

Faktanya, jika kamu membuang kemasan botol cat kuku begitu saja tanpa dibersihkan terlebih dahulu, kemasan botol tersebut akan sulit didaur ulang. Jadi, pastikan kamu sudah membersihkan isi botol terlebih dahulu agar tidak menimbulkan pencemaran dengan adanya isi produk kuku yang biasanya beracun.

3. Brush Makeup

Bulu nilon halus pada brush makeup tidak bisa didaur ulang.
Makeup brush/ sumber: freepik.com

Ternyata, bulu dari brush makeup terbuat dari nilon yang kecil dan bersifat tidak bisa didaur ulang. Jika kamu memiliki brush makeup, pastikan kamu merawat dan membersihkannya dengan rutin dan baik agar bisa dipakai dalam waktu yang lama ya.

Ketika mendaur ulang, jika ragu, cek botol kemasan setiap produk dan alat kecantikan. Jika pada kemasan produk atau alat terdapat logo recycle dengan tiga panah berbentuk segitiga, maka kemasan tersebut bisa didaur ulang. Jadi, pastikan kamu perhatikan kemasan setiap produk yang kamu beli ya, Ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id