sign up SIGN UP

LIFE

Rachel Vennya Sedih Karena Baju Anaknya Dimakan Rayap, Kamu Bisa Hindari Rayap dengan Cara Ini

Shinta Nikmah | Minggu, 18 Jul 2021 20:15 WIB
Rachel Vennya Sedih Karena Baju Anaknya Dimakan Rayap, Kamu Bisa Hindari Rayap dengan Cara Ini
caption

Rayap merupakan salah satu serangga yang mungkin sangat kamu hindari agar tidak menimbulkan kekacauan di rumah. Seperti yang baru-baru ini dialami oleh selebgram cantik Rachel Vennya yang sedih karena baju anaknya, Xabiru, telah berlubang-lubang akibat dimakan rayap. Padahal baju tersebut masih baru dan merupakan baju branded.

Well, kamu mungkin mengalami hal yang serupa dengan yang dialami Rachel Vennya. Baju yang sudah kamu simpan rapi di lemari malah habis dimakan rayap dan menyisakan penyesalan. 

Mengutip dari Jurnal berjudul "Control and Prevention of Biodeterioration Caused By Termittes (Isoptera)" yang ditulis oleh Oladapo Oludairo dan Julius Aiyedun, rayap merupakan serangga yang menimbulkan paling banyak kerusakan, terutama pada barang yang mengandung selulosa seperti properti dari bahan kayu bahkan buku. Tidak heran jika baju yang kamu simpan di lemari kayu juga ikut rusak karena dimakan rayap.

Agar kejadian yang sama tidak terulang, kamu perlu melakukan tindakan pencegahan dengan langkah-langkah berikut ini.

Menggunakan Umpan

cardboard
Kardus sebagai umpan rayap/ Foto: freepik.com

Umpan yang digunakan untuk memerangkap rayap bisa dengan pasak kayu atau umpan rayap yang sering dijual di toko. Jika ingin lebih murah, kamu bisa memakai kardus bekas untuk memancing rayap. 

Kamu bisa meletakkan umpan rayap atau kardus bekas ke tempat yang terdapat sarang rayap. Apabila rayap sudah berpindah ke umpan atau kardus, maka kamu bisa mengambil umpan tersebut dan membuangnya. Tindakan tersebut mencegah kerusakan yang mungkin akan ditimbulkan rayap.

Menutup Celah yang Ada pada Dinding atau Ubin

Celah pada ruangan
Periksa celah pada ruangan/ Foto: freepik.com

Rayap tidak bisa menembus dinding atau ubin jika tidak ada celah. Celah yang muncul pada dinding atau ubin menjadi jalan masuk untuk kemudian membuat sarang di properti di dalam rumah.

Untuk menghindari masuknya rayap ke dalam rumah, kamu perlu mengecek seluruh bagian rumah yang mungkin terdapat celah lalu menutupnya atau menambalnya.

Jaga Kelembapan dalam Rumah

Ventilation
Ventilasi di rumah/ Foto: freepik.com

Dikutip dari Jurnal yang berjudul "Termites: An Overview" yang ditulis oleh Md. Aslam Khan dan Wasim Ahmad, rayap merupakan serangga yang hidup di area yang lembap. Rayap juga menghindari area yang sangat kering atau memiliki temperatur yang terlalu tinggi.

Untuk itu kamu perlu menjaga ruangan dalam rumah agar tidak terlalu lembap, dengan menambahkan ventilasi yang memadai pada ruangan agar udara dan sinar matahari bisa masuk. Atau jika kamu memiliki pendingin ruangan, maka pastikan pendingin ruangan bekerja dengan baik.

Menggunakan Pelapis Anti Rayap

Cat anti rayap
Cat anti rayap/ Foto: freepik.com

Salah satu tindakan preventif yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari rayap adalah menggunakan pelapis anti rayap pada properti dari kayu seperti lemari, jendela, dan pintu. Kamu bisa menemukan pelapis kayu yang tahan rayap di toko material. Jenisnya pun bisa bermacam-macam sehingga kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan. 

Bahkan saat ini sudah banyak cat kayu yang dilengkapi dengan anti rayap. Sehingga kamu bisa mengecat ulang furniture yang kamu miliki dengan cat kayu anti rayap.

Manfaatkan Sinar Matahari

Sinar matahari
Manfaatkan sinar matahari/ Foto: freepik.com

Dikutip dari ecolatermite.com, sebuah situs yang melayani jasa pembasmi hama, mengungkapkan bahwa ada 4 hal yang dibenci rayap, salah satunya adalah sinar matahari. 

Rayap sangat menghindari suhu panas dari matahari, sehingga kamu bisa memberikan akses masuk sinar matahari ke dalam ruangan melalui jendela. Kamu juga secara berkala bisa menjemur lemari pakaianmu agar terhindar dari rayap. Jika rayap sudah terlanjur menggerogoti kayu pada lemari, kamu bisa membawa lemari tersebut ke bawah sinar matahari langsung agar rayap segera enyah dan tidak kembali lagi.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id