sign up SIGN UP

Rahasia Kecantikan Perempuan Sulawesi, Kulit Tetap Cerah Meski Panas Menyengat!

Arum Narwastu | Sabtu, 25 Sep 2021 09:00 WIB
Rahasia Kecantikan Perempuan Sulawesi, Kulit Tetap Cerah Meski Panas Menyengat!
caption
Jakarta -

Sulawesi dikenal sebagai daerah yang panas. Sinar matahari seringkali bersinar terik di pulau ini. Meskipun begitu, banyak perempuan Sulawesi yang tetap memiliki kulit cerah dan cantik. Ternyata, ada rahasia dari kecantikan perempuan Sulawesi. Apa saja?

Bedda Lotong

Kulit yang sering tersengat matahari bisa tampak gelap dan kusam. Karenanya, diperlukan lulur untuk bisa mengangkat kulit mati dan membuat kulit tampak lebih cerah. Bedda lotong adalah ramuan lulur khas Sulawesi yang banyak digunakan untuk merawat kulit tubuh. Bedda lotong biasa disebut dengan bedak hitam. Nama ini sesuai dengan warna beda lotong yang gelap karena terbuat dari ketan hitam yang ditumbuk. 

Untuk membuat bedda lotong, kamu perlu menyangrai beras ketan hitam dengan irisan daun pandan hingga hangus. Setelah itu, campurkan dengan parutan temulawak dan asam jawa. Beri air sambil diremas-remas, biarkan semalaman dan lulur bedak lotong siap digunakan.

Bedda Tettu

Bedak dingin merupakan perawatan kecantikan yang sudah ada sejak zaman dulu.Bedda Tettu/ Freepik.com

Bedda tettu adalah salah satu skincare yang dipakai oleh banyak perempuan Sulawesi untuk melindungi kulit dari buruknya efek sinar matahari bagi kulit. Bedda tettu biasa dipakai pada siang hari saat matahari sedang sangat terik. Bedda tettu terbuat dari campuran beras, kunyit, dan temulawak yang ditumbuk dan dijemur. Selain bisa melindungi kulit dari panasnya sinar matahari, bedda tettu juga bisa merawat kulit berjerawat dan membuat wajah jadi lebih kencang, lho!


Masker Pandan

Daun Pandan/freepik.comDaun Pandan/freepik.com

Siapa yang baru tahu kalau pandan bisa dijadikan masker? Masker pandan sering digunakan oleh perempuan Sulawesi untuk mendapatkan kulit yang bebas dari jerawat. Daun pandan juga bagus untuk membuat kulit jadi lebih halus dan bebas dari komedo. Cara membuat masker pandan ini gampang, cukup campurkan daun pandan dengan kunyit, beras, dan daun pare. Setelah itu, tumbuk halus hingga semuanya tercampur. Jika sudah, kamu bisa menggunakan masker ini dua hingga tiga kali seminggu.

Mohibadaa

Minuman racikan kopi campur kunyit bermanfaat untuk tubuh, salah satunya bisa meningkatkan imunitas tubuh.Mohibadaa/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Mohibadaa adalah ramuan kecantikan lainnya yang juga banyak dipakai perempuan di Sulawesi. Mohibadaa memang mirip dengan bedda tettu. Bedanya mohibadaa memakai bangle sebagai salah satu bahan pembuatnya. Mohibadaa banyak dipakai oleh prempuan Sulawesi saat bulan puasa. Tujuannya adalah untuk membuat kulit tetap sehat dan bebas dehidrasi meskipun tidak mengonsumsi air putih selama berpuasa.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id