sign up SIGN UP

RAHASIA OTAK CERDAS

Rahasia Otak Cerdas Habibie, Sosok Paling Pintar di Indonesia

Arum Narwastu | Senin, 13 Sep 2021 09:00 WIB
Rahasia Otak Cerdas Habibie, Sosok Paling Pintar di Indonesia
caption
Jakarta -

BJ Habibie adalah salah satu orang paling cerdas di Indonesia. Sejak muda, Habibie memang sudah berprestasi. Ia pun akhirnya mengabdikan diri untuk Indonesia dengan beberapa kali menjabat sebagai menteri. Terakhir, Habibie bahkan diangkat menjadi Presiden Indonesia ketiga dan berhasil membawa Indonesia keluar dari keterpurukan ekonomi.

Sosok BJ Habibie selalu lekat dengan pesawat. Ia bahkan menciptakan Crack Progression Theory atau biasa disebut sebagai Teori Habibie. Teori Crack ciptaan Habibie menjelaskan tentang titik awal retakan pada sayap dan badan pesawat. Teori ini sangat berguna untuk dunia penerbangan hingga sekarang. Habibie pun mendapat julukan Mr Crack karena jasanya ini.

Habibie memiliki IQ yang sangat tinggi, yakni mencapai 200. Angka IQ Habibie mengungguli IQ Einstein yang ada di angka 160. IQ yang tinggi membuat Habibie dikenal sebagai sosok pemikir. Lalu, apa rahasia kecerdasan Habibie ini?

Suka Belajar

Presiden Republik Indonesia ke3, BJ Habibie di kediaman kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Senin, 27 April 2015. CNN IndonesiaSafir MakkiBJ Habibie/ Foto: CNN Indonesia/Safir Makki

Bagi Habibie, belajar bukanlah hal yang mengesalkan. Ia justru suka dan sangat mencintai belajar. Hal ini terbukti saat Habibie terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa dari Presiden Soekarno untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Habibie yang memang sejak muda tertarik dengan pesawat terbang selalu penasaran mempelajari hal baru. Hasil belajarnya tidak sia-sia, karena ia berhasil memimpin proyek pembuatan pesawat terbang pertama produksi dalam negeri.

Punya Jam Tidur Konsisten

Habibie bukanlah orang yang punya waktu tidur panjang. Ia bahkan mengaku hanya tidur selama 5 jam sehari. Namun, Habibie punya jam tidur yang konsisten. Ia tidur jam 10 malam dan bangun jam 3 pagi untuk menunaikan ibadah sholat dan juga untuk membaca buku. Jam tidur yang konsisten ini membantu tubuh Habibie mengenali ritme sirkadian yang membuat kinerja otak dan tubuh jadi lebih maksimal.

Tidak Lupa Bersosialisasi

BJ Habibie tak hanya dikenal sebagai Presiden ke-3 RI, sosoknya pun pernah menjabat Menristek di era Soeharto. Berikut potret Habibie bersama para tokoh dunia.BJ Habibie/ Foto: GOH CHAI HIN / AFP.

Meski hobi belajar dengan membaca buku, bukan berarti Habibie adalah sosok yang kaku dan tertutup. Sebaliknya, Habibie adalah orang yang suka bersosialisasi. Hal ini membuat Habibie memiliki banyak jaringan yang semakin mempermudahnya untuk meraih impian.

Habibie juga tidak segan membagikan ilmunya ke generasi muda agar ilmu pengetahuan yang ia punya tidak hanya berhenti di dirinya saja. Habibie yakin jika berbagi ilmu tidak akan membuatnya kehilangan kepintaran, tapi justru membuatnya menjadi lebih lengkap.

Beribadah

Presiden RI ke-3 BJ Habibie hembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto. Pria yang dikenal dengan kesetiaannya pada sang istri ini wafat di usia 83 tahun.Habibie dan Ainun/ Foto: Dok. Instagram/@b.jhabibie

Sosok BJ Habibie berasal dari keluarga yang Islami. Ayah dan ibunya selalu taat beribadah dan rajin membaca Al-Quran. Kebaikan ini menular pada Habibie. Dirinya yakin jika beribadah bisa membuka jalan dan pikiran yang tertutup. Hal ini ia buktikan dengan selalu bangun subuh untuk sholat dan membaca Al-Quran setiap hari.

Dalam sebuah wawancara, Habibie juga mengungkapkan jika ia selalu rajin beribadah agar bisa bertemu dengan sosok istri tercinta yang sudah terlebih dahulu meninggal. Ainun, istri BJ Habibie, adalah sosok perempuan bertakwa. Karenanya, Habibie yakin jika ia harus rajin beribadah untuk bisa bertemu Ainun di surga.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id