sign up SIGN UP

Rahasia Otak Cerdas Stephen Hawking, Ilmuwan yang Hobi Meneliti Alam Semesta

Arum Narwastu | Sabtu, 11 Sep 2021 18:00 WIB
Rahasia Otak Cerdas Stephen Hawking, Ilmuwan yang Hobi Meneliti Alam Semesta
caption
Jakarta -

Siapa yang tidak kenal dengan Stephen Hawking, dia adalah salah satu ilmuwan yang dikenal dengan berbagai teorinya tentang alam semesta. Stephen Hawking diketahui memiliki IQ tinggi, yakni mencapai 160! Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan Stephen Hawking bisa sukses seperti sekarang, apa saja ya?

Selalu Melihat Sisi Positif

Stephen Hawking Madame TussaudsStephen Hawking Madame Tussauds/ Foto: Madame Tussauds

Stephen Hawking menderita sakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) sejak usianya 21 tahun. ALS adalah penyakit motor neuron yang menyerang saraf pengendali gerakan spontan sehingga menyulitkan Stephen Hawking untuk bergerak. Dokter mengatakan jika ia hanya bisa hidup selama 2 tahun lagi.

Saat mendengar hal ini, Stephen Hawking bukan yang menyerah, ia justru selalu melihat hal positif yang terjadi pada dirinya. Ia pun membuktikan jika ia masih bisa bertahan hingga usia 76 tahun. Stephen Hawking lahir di tahun 1942 dan meninggal di tahun 2018.

Semenjak sakit, Stephen Hawking mengatakan kalau dia ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Hal inilah yang membuatnya ingin terus belajar dan tidak pernah menyia-nyiakan waktu. Saat sakitnya semakin parah pun, dia mencari solusi agar bisa tetap berkarya. Salah satunya adalah dengan menggunakan mesin yang bisa menopang tubuhnya dan membantunya berkomunikasi dengan orang lain.

Selalu Produktif

Microsoft President Bill Gates meets Professor Stephen Hawking on a visit to Cambridge University Tuesday October 7, 1997. Microsoft recently announced funding of 50 Million pounds (80 million dlrs US) for a research centre to be based in Cambridge and Bill Gates followed this up with a personal gift of 12 million (19.2 million dlrs US) to the University. (AP Photo/Findlay Kember/Pool) / AFP PHOTO / POOL / FINDLAY KEMPERPresident Bill Gates dan Stephen Hawking/ Foto: AFP PHOTO/POOL/FINDLAY KEMPER

Meskipun memiliki masalah kesehatan, Stephen Hawking bisa dibilang jauh lebih produktif dibandingkan orang-orang yang sehat. Iya tidak pernah berhenti belajar dan melakukan beragam penelitian untuk menguji teorinya. Dia bahkan pernah melakukan perjalanan dengan pesawat antigravitasi untuk merasakan sensasi di luar angkasa.

Bukan cuma dalam ilmu pengetahuan saja, Stephen Hawking juga pernah membintangi film dan terlibat dalam beberapa project di industri entertainment .

Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

BEIJING - JUNE 18:  (CHINA OUT) British scientist Stephen Hawking, visits the Temple of Heaven June 18, 2006 in Beijing, China. Hawking is visiting Beijing to attend the 2006 International Conference on String Theory, according to state media.  (Photo by China Photos/Getty Images)Stephen Hawking/ Photo by China Photos/Getty Images

Stephen Hawking selalu penasaran dengan kehidupan di luar angkasa. Menurutnya, luar angkasa adalah masa depan untuk umat manusia. Sejak muda, selalu penasaran dengan teori dari ilmuwan sepanjang masa , yakni Albert Einstein dan Isaac Newton. Rasa ingin tahu yang tinggi inilah yang membawa Stephen Hawking menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Itulah 3 rahasia kecerdasan Stephen Hawking yang membuatnya sukses. Kita juga bisa kok melakukannya agar menjadi individu yang lebih cerdas.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id