sign up SIGN UP

LIFE

Rugi Rasanya Kalau 5 Hal Berikut Belum Kamu Lakukan di Usia 25 Tahun

Izzul Millati Umami | Selasa, 29 Dec 2020 19:00 WIB
Rugi Rasanya Kalau 5 Hal Berikut Belum Kamu Lakukan di Usia 25 Tahun
caption
Jakarta -

Katanya sih, usia 25 tahun itu kita harus sudah melakukan momentum-momentum tertentu. Contohnya sih, usia 23 tahun katanya sudah harus bekerja, usia 25 tahun sudah harus menikah, dan lain sebagainya. Masa sih???

Dunia sudah berubah, Ladies! Usia bukanlah patokan untuk menggapai momentum-momentum tertentu, kok. Kamu nggak harus married di usia 25 tahun. Mulai bekerja di usia 27 pun tak masalah! Namun, kalau sebelum usia 25 tahun kamu belum coba melakukan hal berikut, rugi banget rasanya:

Memaafkan diri sendiri

memaafkan diri sendiri
memaafkan diri sendiri/sumber:unsplash.com

Banyak kejadian datang ke hidup kita, tanpa bisa kita bendung. Pertemuan dengan orang baru, keputusan yang kita pilih, dan banyak lagi. Tentunya kita tidak bisa lepas dari kesalahan-kesalahan masa lalu yang pernah terjadi. Jangan terlalu berkutat dalam penyesalan, maafkan diri sendiri agar hati bahagia. 

Mencoba hobi baru

hobi baru
hobi baru/sumber:unsplash.com

Stuck dengan hobi lama? Kenapa tidak coba hobi baru? Terkadang, melakukan hobi yang berbeda akan membuat Ladies lebih fresh, punya banyak kenalan baru dan semakin bahagia, loh! Siapa tahu kan akan ada petualangan dan kejadian tak terduga yang akan membuat kamu lebih bahagia dari sebelumnya. 

Berkunjung ke tempat yang tidak pernah dikunjungi

tempat baru
tempat baru/sumber:pixabay.com

Tempat mana saja yang sekiranya belum pernah kamu kunjungi? Well, tak inginkan kamu coba mengunjungi tempat-tempat tersebut? Coba deh, buat kenangan dengan seseorang ke suatu tempat supaya kamu punya banyak cadangan memori di middle 20s. 

Punya dana cadangan

Seenggaknya, kamu punya dana cadangan, entah itu seberapa besarnya, di usia 25 tahun. Kamu bisa mencoba menabung sejak kuliah agar dana cadangan terkumpul, kok. Terutama untuk kamu yang sudah bekerja di usia 25 tahun, dana cadangan ini tetaplah penting kamu punyai. Ingat, tidak ada kepastian di dunia ini. So, kamu harus mempersiapkan hal-hal tak terduga. 

tempat baru
investasi/sumber:pixabay.com

Investasi 

Untukmu yang sudah berpenghasilan di usia 25 tahun, ingat lagi untuk punyai investasi, entah itu berupa instrument bisnis, emas, saham dan reksadana. Kurangi pembelanjaan ke hal-hal yang sifatnya nggak produktif, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id