sign up SIGN UP

LIFE

Tanda Kamu Udah Dewasa Secara Emosional, Mana yang Sesuai?

Dyah Na | Jumat, 18 Dec 2020 12:00 WIB
Tanda Kamu Udah Dewasa Secara Emosional, Mana yang Sesuai?
caption
Jakarta -

Kedewasaan seseorang tidak bisa diukur dari umurnya saja. Ada beberapa hal lain yang akan menjadi penilaian. Salah satunya adalah kemampuan emosional.

Meskipun sudah berusia matang, kemampuan seseorang untuk mengelola emosi bisa saja masih kurang.

Nah untuk mengetahuinya, coba cek yuk Ladies. Ini nih tanda kalau kamu udah dewasa secara emosional.

 

Berpikir Sebelum Bertindak

Di usia matang, rata-rata banyak orang telah mampu berpikir lebih dewasa.Tanda Kamu Udah Dewasa Secara Emosional/ Freepik.com

Tanda kamu sudah dewasa secara emosional adalah selalu berpikir sebelum bertindak. Dengan begitu, kamu akan lebih paham mengenai konsekuensi dari berbagai hal yang kamu lakukan.

 

Tidak Mudah Men-Judge Orang Lain

Kamu harus paham kalau apa yang orang lain tampilkan di sosial media belum tentu sama dengan diri mereka di keseharian. Bisa saja influencer yang kamu nilai glamour di sosial media, kenyataannya lebih sederhana dan tak malu berbagi ke orang lain. Sementara orang dengan image "good girl" di sosial media, bisa jadi tak sebaik yang terlihat.

Kalau kamu sudah bisa berhenti menilai orang lain hanya karena penampilan di permukaan saja, itu menandakan kamu sudah dewasa secara emosional.

 

Mau Menerima Kritik

Komentar PedasTanda Kamu Udah Dewasa Secara Emosional/ Freepik.com

Tidak mudah untuk menyiapkan hati menerima kritik. Kamu tidak bisa mengatur orang lain untuk selalu suka denganmu. Kamu juga tidak bisa mengatur mereka untuk mengkritik secara halus.

Saat kritik datang dengan cara yang keras, orang yang dewasa secara emosional akan mampu mengolah dan mengelola emosinya agar tidak merasa down. Sebaliknya, kritik ini akan memacu semangat untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

 

Merelakan Sesuatu yang Tidak Baik Untukmu

Terkadang, kita menginginkan hal yang ternyata tidak baik untuk diri kita sendiri. Contohnya, memaksakan diri untuk berhubungan dengan pria yang hanya membuat kita merasa sakit hati. Atau mengejar impian hingga mengorbankan diri sendiri dan orang lain.

Tidak apa-apa untuk tidak selalu berhasil kok, Ladies. Justru saat kita rela melepaskan sesuatu yang tidak baik, semesta akan membukakan pintu lain untuk kebaikan datang pada kita.

 

Tidak Menggantungkan Kebahagiaan ke Orang Lain

Pacar Kamu Tukang Mengkritik Tanpa Alasan? Jangan Heran dengan Zodiak Tukang Kritik Ini!Tanda Kamu Udah Dewasa Secara Emosional/ Freepik.com

Tahun 2020 menyadarkan kita jika segala sesuatu bisa hilang dalam hitungan detik. Maka dari itu, jangan lagi kamu menggantungkan kebahagiaanmu ke orang lain.

Menggantungkan kebahagiaan ke orang lain hanya akan membuat kamu sering merasa kecewa. Yakinlah pada dirimu sendiri dan buatlah dirimu selalu merasa cukup dengan dirimu sendiri.

Setelah berhasil bahagia dengan diri sendiri, kamu pun bisa menjalin hubungan dengan orang lain tanpa lagi menggantungkan kebahagiaanmu padanya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id