sign up SIGN UP

LIFE

Saat yang Tepat! Ikuti Cara dan Langkah Beristirahat dari Media Sosial

Astari Dewi Larasati | Jumat, 20 Nov 2020 21:15 WIB
Saat yang Tepat! Ikuti Cara dan Langkah Beristirahat dari Media Sosial
caption
Jakarta -

Saat kondisi sudah mulai tidak terkendali dan membuat diri menjadi lebih emosi, maka ada yang salah dalam pikiran dan tubuh. Salah satunya dari media sosial, walaupun ada dampak positif namun tidak menutupi bahwa dampak negatif bisa muncul.

Tidak perlu langsung drastis untuk berhenti, bisa juga dicoba secara perlahan. Karena saat ini membuka media sosial merupakan rutinitas sehari-hari. Yuk coba cara dan langkah beristirahat dari media sosial secara perlahan sebagai berikut ini.

Hapus aplikasi

Menghapus aplikasi dari handphone sehingga tidak mudah untuk membuka media sosial.
Hapus aplikasi/freepik.con

Untuk melakukan sesuatu perubahan, maka ada hal yang harus dikorbankan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghapus aplikasi dari handphone sehingga tidak mudah untuk membuka media sosial. Beritahu teman dan orang terdekat bahwa sedang beristirahat dan lebih ingin berinteraksi lewat pesan atau secara langsung.

Jangan khawatir mengenai ketinggalan informasi karena masih bisa mengakses dari situs berita terpercaya.

Lakukan kebiasaan baru

Cobalah untuk melakukan kebiasaan baru yang berdampak positif pada diri sendiri.
Lakukan kebiasaan baru/freepik.com

Setelah itu, cobalah untuk melakukan kebiasaan baru yang berdampak positif pada diri sendiri. Misalnya mencoba hobi baru seperti memasak, membaca, menggambar, menjahit hingga berbicara pada teman dekat melalui pesan atau telepon.

Pada awalnya memang tidak nyaman, namun untuk merubah kebiasaan memang butuh waktu. Setelah istirahat dari media sosial, maka dengan sendirinya akan merasakan manfaat.

Hindari hal negatif yang mempengaruhi diri

Ketahui hal apa yang membuat diri terganggu dan hindari kedepannya.
Hindari hal negatif yang mempengaruhi diri/freepik.com

Tujuan beristirahat dari media sosial adalah menjauhi pikiran dari hal negatif yang bisa mempengaruhi diri. Namun, bukan berarti hal negatif tidak akan dialami.

Bisa saja saat mencari berita terkini membuat pikiran terganggu sehingga tersulut emosi. Ketahui hal apa yang membuat diri terganggu dan hindari ke depannya. Cobalah untuk menetapkan waktu membaca berita setiap harinya.

Temukan hal positif yang diikuti

Cobalah untuk menyeimbangkan informasi negatif dengan hal positif.
Temukan hal positif yang diikuti/freepik.com

Cara lain untuk tetap main media sosial tanpa terpapar hal negatif adalah dengan mengikuti orang dan berita yang membuat diri bahagia dan tertawa. Sehingga akan memberikan perasaan positif bahkan menambah wawasan.

Cobalah untuk menyeimbangkan informasi negatif dengan hal positif. Ada kegembiraan dan berita positif di luar sana jika mencarinya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id