sign up SIGN UP

LIFE

Sebagai Kakak, Ini Nasihat Penting untuk Adikmu yang Sedang Jatuh Cinta

Penny Fatikasari | Minggu, 12 Jul 2020 15:00 WIB
Sebagai Kakak, Ini Nasihat Penting untuk Adikmu yang Sedang Jatuh Cinta
caption
Jakarta -

Sebagai anak tertua peranmu sebagi seorang kakak hendaknya bisa memberi contoh yang baik kepada adik-adikmu, bukan hanya tentang kemandirian, kepemimpinan, kesuksesan bahkan teladan, kamu pun bisa menjadi teman dan pemberi nasihat yang baik bagi adikmu. Tak jarang saudara-saudaramu pun kerap kali mencontoh perbuatan dan tindakanmu, maka dari itu disinilah peranmu sebagai seorang kakak yang baik dapat menjadi panutan bagi adik-adikmu agar tidak terjebak dalam hal-hal yang salah.

Sebagai saudara yang saling menjaga, menyayangi serta saling melindungi maka kamu pun harus mencurahkan perhatianmu kepada saudaramu apalagi yang sedang masuk dalam fase jatuh cinta jangan sampai ia terkecoh untuk melakukan hal yang tidak-tidak, maka dari itu sebagai seorang kakak yang dewasa dan sudah memiliki pengalaman perihal baik buruknya hubungan asmara kamu dapat memberikan nasihat-nasihat penting berikut ini kepada adik-adikmu. Simak yuk!

Posisikan Dirimu Sebagai Teman Curhatnya

Posisikan dirimu sebagai teman curhatnya
Posisikan Dirimu Sebagai Teman Curhatnya/Freepik.com

Selain sahabat-sahabatnya, kamu pun memiliki peran penting sebagai tempat untuk mencurahkan segala isi hatinya. Sebelum ia tidak menerima sesorang yang salah dalam hidupnya sebaiknya kamu selalu ada untuk adikmu ketika ingin meminta saran soal asmara. Hal ini dikarenakan adikmu sedang berada dalam fase-fase pubertas ataupun rasa ketertarikan dengan lawan jenis, biasanya ia merasa malu dan sungkan untuk mengungkapkan perasaannya kepada orang tua maupun orang lain.


Maka dari itu sebagai kakak yang baik kamu bisa mencari tahu perubahan-perubahan yang ada pada adikmu, kamu pun bisa memancingnya untuk berani bercerita tentang perasaan yang sedang ia rasakan dengan begitu kamu bisa memberinya nasihat-nasihat agar ia bisa berpikir lebih logis dan dewasa.

Ingatkan Hal-hal yang Harus di Prioritaskan

Ingatkan hal-hal yang harus diprioritaskan
Ingatkan Hal-hal yang Harus diPrioritaskan/Freepik.com

Walaupun adikmu sudah mengenal cinta, tetap ingatkan ia tentang hal-hal yang harus diprioritaskan dalam hidupnya. Apalagi jika umurnya masih terbilang muda dan ia pun harus mengejar impian-impiannya juga bukan? Maka dari itu, tetap nasihati dan ingatkan ia tentang keluarga, pendidikan, agama bahkan impian yang harus ia kejar.

Hal ini diupayakan agar adikmu enggak salah bergaul dengan lawan jenisnya, sehingga ia tidak khilaf untuk meninggalkan hal-hal yang tetap menajdi prioritas dalam hidupnya. Kamu juga bisa menceritakan pengalaman-pengalaman baik atau burukmu agar ia bisa memilah mana yang baik dan tidak baik sebagai acuan hidupnya. Dengan berbagai pengalaman hidup justru akan memberikan pengaruh yang baik pada dirinya juga bukan?

Jangan Mengubah Diri Demi Disukai Orang Lain

Jangan mengubah diri untuk disukai orang lain
Jangan Mengubah Diri untuk Disukai Orang Lain/Freepik.com

Memang benar, yang namanya anak muda sedang dimabuk asmara tentunya akan lebih memperhatikan penampilannya, tak jarang mereka pun akan merubah dirinya demi terlihat menarik didepan lawan jenis. Terkadang, pasangannya sendiri pun memintanya untuk merubah dirinya agar terlihat berbeda, padahal kenyataannya seseorang mungkin akan merasa tidak nyaman dengan perubahan yang harus ia ikuti, namun apa daya demi cinta semuanya bisa saja dilakukan.

Maka dari itu nasihatilah adikmu, jika seseorang yang baik sangat mencintai dirimu, tentunya ia akan menerima dirimu apa adanya dengan tulus bukan merubah dirimu hanya untuk disukai dan diterima oleh orang lain. Jika perubahan itu dapat membawamu ke arah yang lebih baik maka wajar-wajar saja, namun alangkah lebih baik tetap menjadi dirimu sendiri ya!

Jangan Terlalu Sering Memamerkan Hubungan di Sosial Media

Jangan pamer hubungan di sosmed
Jangan Terlalu Sering Memamerkan Hubungan di Sosial Media/Freepik.com

Baru jadian biasanya seseorang yang dimabuk asmara sering memamerkan kemesraan di akun sosial media nya. Nah, nggak ada salahnya kamu sebagai seorang kakak untuk menegur ataupun menasihati dirinya mengenai batasan-batasan agar ia tidak terlalu intens mengumbar kemesraan di sosial media.

Hal tersebut bisa saja mengundang cibiran negatif atau respon lainnya oleh netizen di akun sosial medianya, maka beri tahulah dia mengenai esensi memiliki status hubungan dengan orang lain adalah suatu kebahagiaan yang cukup dirasakan dalam diri masing-masing bukan sebagai konsumsi publik. Jangan sampai hubungan yang diumabar-umbar itu justru membawa pengaruh yang tidak baik dalam dirinya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id