sign up SIGN UP

Setelah Lulus Kuliah, Ternyata 4 Hal Ini Perlu Dipersiapkan untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Ruhil Anadiah Sabrina | Sabtu, 28 Aug 2021 14:00 WIB
Setelah Lulus Kuliah, Ternyata 4 Hal Ini Perlu Dipersiapkan untuk Kehidupan yang Lebih Baik
caption

Lulus kuliah tepat waktu atau malah bisa cepat waktu menjadi salah satu impian mahasiswa. Kemudian setelah lulus bisa mudah mendapat pekerjaan impian.

Namun ternyata lulus cepat dengan predikat cumlaude dan IPK tinggi, tidak menjamin kita mudah mencari kerja. Semuanya harus diimbangi dengan skill atau kemampuan yang mumpuni. Nah untuk mempersiapkan itu semua sudah seberapa besar usahamu? Jangan-jangan sampai sekarang masih malas-malasan saja. 

4 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Kehidupan Pasca Lulus Kuliah, Jangan Sampai Kelewat!

Berikut ini empat hal yang harus dipersiapkan seorang fresh graduate untuk kehidupan selepas lulus kuliah. Simak yuk, Beauties!

1. Membuat Rencana Karier atau Pekerjaan

Membuat Rencana Karier atau Pekerjaan
Membuat Rencana Karier atau Pekerjaan/pexels.com/george milton

Hal pertama yang harus kamu persiapkan untuk kehidupan lulus kuliah yaitu, membuat rencana karier atau pekerjaan. Sebenarnya setiap orang punya targetnya masing-masing ada yang setelah lulus bakal lanjut studi S2, ada yang mau membuka bisnis atau usaha, melamar pekerjaan di perusahaan impian, dan pilihan lain.

Namun buat kamu yang ingin terjun di dunia kerja wajib tahu setelah lulus nanti mau kerja di bidang apa, kerja di mana, melamar di perusahaan mana saja, dsb. Nah untuk mengetahui arah karier kamu bisa melihat bidang atau passion yang kamu kuasai selama ini. Dengan demikian setelah lulus nanti kamu nggak bingung lagi. 

2. Menyiapkan Rencana Cadangan

Menyiapkan Rencana Cadangan
Menyiapkan Rencana Cadangan/pexels.com/brooke cagle

Poin selanjutnya hal yang harus dipersiapkan untuk kehidupan lulus kuliah yaitu, menyiapkan rencana cadangan. Kita nggak bisa jika hanya terpaku pada satu planning saja, harus mempersiapkan beberapa rencana jika pada akhirnya rencana pertamamu gagal.

Misalnya nih, setelah lulus kamu ingin membuka usaha sendiri, namun kita nggak tahu apa tantangan yang akan terjadi, ternyata usaha tersebut membutuhkan modal yang sangat besar, tidak sesuai dengan selera pasar, dan sebagainya.

Maka kamu harus mempersiapkan rencana cadangan, mungkin dengan membuka usaha lain atau melamar kerja dulu. 

3. Mengasah Kemampuan atau Skill

Mengasah Kemampuan atau Skill
Mengasah Kemampuan atau Skill/unsplash.com/lagos tachie

Selain dua poin di atas, hal yang harus dipersiapkan untuk kehidupan lulus kuliah yaitu mengasah kemampuan atau skill. Kehidupan pasca kampus itu berat, maka kamu harus mempersiapkan diri mulai sekarang.

Jangan ragu untuk ikut organisasi, magang di perusahaan, mengikuti lomba, bergabung dalam komunitas, belajar bahasa baru, dst. Karena hal ini bisa membantu mengasah soft skill dan hard skill yang kamu punya. Jadi, mumpung masih jadi mahasiswa, manfaatkan waktumu dengan baik ya. 

4. Belajar Mengatur Keuangan 

Belajar Mengatur Keuangan
Belajar Mengatur Keuangan/pexels.com/karolina grabowska

Poin terakhir yaitu, belajar untuk mengatur keuangan. Mungkin saat kamu masih dibiayai orangtua, mau minta uang jajan tidak sungkan, dan masih dikasih uang bulanan. Namun ketika lulus kita nggak mungkin bergantung terus menerus terhadap mereka.

So, mumpung jadi mahasiswa biasakan untuk berhemat dan menabung. Karena hal ini sangat membantumu untuk memenuhi kebutuhan setelah lulus nanti, misal untuk daftar kuliah lanjutan, membuka bisnis, atau untuk kebutuhan mendesak yang nggak diduga. 

Itulah Beauties empat hal yang harus dipersiapkan untuk kehidupan pasca kampus. Bagaimana sudah sampai mana persiapanmu? 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id