sign up SIGN UP

Stop Panic Buying! Faktanya, Kandungan pada Bear Brand dan Produk Susu Lain Umumnya Sama

Octaviani | Senin, 05 Jul 2021 12:00 WIB
Stop Panic Buying! Faktanya, Kandungan pada Bear Brand dan Produk Susu Lain Umumnya Sama
caption

Susu Bear brand marak jadi perbincangan beberapa waktu terakhir. Kabar yang beredar adalah susu Bear Brand ini dapat menyembuhkan covid-19. Beberapa orang juga meyakini susu satu ini dapat menyembuhkan flu, demam, dan sakit kepala. Namun, benarkah demikian?

Dilansir dari Detik Health, menurut Profesor Zubairi Djoerban, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dirinya membantah susu beruang bisa menyembuhkan covid-19. Sebab kandungan dalam susu tersebut tidak dapat membunuh virus covid-19.

"Susu beruang untuk mengobati COVID-19, tentu saja tidak bisa. 'Susu beruang' tak bisa mematikan virus SARS-CoV-2 (virus Corona) penyebab COVID-19," jelas Prof Zubairi yang dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (4/7).

Tubuh memerlukan asupan buah dan sayuran
Tubuh memerlukan asupan buah dan sayuran/freepik.com

Profesor Zubairi menjelaskan, setiap produk susu yang dipasarkan pada umumnya memiliki kandungan yang sama. Produk susu apapun biasanya mengandung protein, karbohidrat, vitamin serta mineral. Tapi untuk produk susu kental manis memiliki kadar protein yang lebih rendah.

Susu memang dapat membantu tubuh agar tetap sehat. Tapi tidak hanya bergantung pada susu. Tubuh juga memerlukan asupan yang sehat dan bergizi lainnya seperti sayuran, buah-buahan dan mineral.

"Sama saja sebenarnya, silakan kalau mau minum susu beruang atau produk susu yang lain, tapi nutrisi yang baik untuk tubuh adalah makanan yang mengandung karbohidrat, sayuran, buah dan mineral," tambahnya.

Menurut praktisi kesehatan dr Raissa Edwina Djuanda, M.Gizi, SpGK perilaku panic buying masyarakat Indonesia ini juga sempat menjadi perbincangan di kalangan dokter lho, Beauties!

“Kalau memang habisnya dipakai untuk orang yang memang benar-benar membutuhkan sih, ya, oke. Tapi kalau habisnya untuk dijual lagi dengan harga yang lebih mahal itu tega banget, sih, ya,” lanjutnya yang dilansir dari Detik Health.

susu bear brand/ foto: instagram.com/bearbrand_idsusu bear brand/ foto: instagram.com/bearbrand_id/ Foto: Dyah Na

Dengan demikian, sudah jelas bahwa faktanya susu beruang tidak bisa benar-benar menyembuhkan dari virus covid-19 menurut para ahli. Karena itu, stop panic buying! Jika kamu ingin menyetok, maka belilah dengan jumlah sewajarnya saja.

Hal yang lebih penting diperhatikan adalah asupan yang baik untuk daya tahan tubuh kita dan ingat untuk selalu 5M; mencuci tangan, memakai double masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. Stay safe, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id