sign up SIGN UP

LIFE

Suka Menunda Pekerjaan? 5 Cara yang Bantu Kamu Hilangkan Kebiasaan Ini!

Anindya Milagsita | Minggu, 06 Jun 2021 22:30 WIB
Suka Menunda Pekerjaan? 5 Cara yang Bantu Kamu Hilangkan Kebiasaan Ini!
caption

Pernahkah kamu dalam kondisi malas dan tak bersemangat untuk melakukan suatu hal yang bermanfaat, Ladies? Kondisi ini kalau dibiarkan terus menerus bisa berpengaruh pada produktifitas kamu lho. Kalau dibiarkan bahkan dapat memicu kamu untuk memilih menunda untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaan.

Kebiasaan suka menunda bisa membuat tugas dan juga pekerjaan kamu justru semakin menumpuk. Terlebih menunda pekerjaan ataupun tugas hanya akan menyulitkan diri sendiri. Nah, biar enggak terjadi yuk segera atasi. Coba beberapa tips ini untuk kurangi kebiasaan suka menunda!

Singkirkan Gangguan

Menyingkirkan gangguan yang sering bikin malas menyelesaikan pekerjaan.
Tips Kurangi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan/www.freepik.com/

Poin utama yang seringkali memicu kebiasaan suka menunda adalah adanya gangguan di sekitar. Gangguan ini enggak melulu mengacu ke hal-hal yang penting, Ladies. Justru ada aktivitas-aktivitas yang dirasa kurang penting bisa mengganggu tugas atau pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

Semisal kebiasaan berselancar di sosial media atau menonton konten video di platform yang ada di gadget. Terdengar cukup sepele, tapi kebiasaan ini justru yang membuat kamu mengabaikan tugas ataupun pekerjaan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah menyingkirkan jauh-jauh gangguan ini.

Kerjakan Sedikit Demi Sedikit

Kerjakan dengan sedikit demi sedikit.
Tips Kurangi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan/www.freepik.com/

Selanjutnya ada cara lain buat kurangi kebiasaan menunda pekerjaan dengan melakukannya secara perlahan. Tips yang satu ini bisa kamu coba dengan catatan waktu yang tersedia masih cukup dan aman dari deadline. Kamu bisa mengerjakannya sedikit demi sedikit, Ladies.

Lakukan cara ini dengan sebelumnya menyusun rincian goals yang harus dipenuhi. Jangan lupa untuk update progress sesuai to-do list yang telah kamu buat. 

Memodifikasi Kebiasaan

Memodifikasi kebiasaan untuk menyelesaikan pekerjaan.
Tips Kurangi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan/www.freepik.com/

Buat kamu yang sering menunda pekerjaan karena stuck ataupun kehilangan konsentrasi, coba untuk sedikit mengubah kebiasaan. Kalau biasanya kamu mengerjakan tugas di kamar, cobala untuk ke luar dan mencari spot nyaman area sekitar rumah. 

Nah, buat kamu yang tengah menyelesaikan pekerjaan, bisa ubah kebiasaan dengan meningkatkan mood lewat hal-hal menyenangkan di tempat kerja. Seperti mendengarkan musik favorit atau sedikit melakukan peregangan otot dengan berjalan-jalan sebentar di sekitar meja kerja.

Buat To-Do List

Membuat goals dari to-do list yang telah ditulis sebelumnya.
Tips Kurangi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan/www.freepik.com/

Buat kamu yang suka menunda pekerjaan ataupun tugas, tapi selalu kewalahan saat menyelesaikannya di jam-jam terakhir, coba cara ini! Kamu bisa membuat to-do list sebelum tidur dan merealisasikannya nanti setelah bangun di pagi hari. Cara ini bisa worth it dilakukan karena di pagi hari, semangat memulai hari cenderung lebih tinggi.

Kamu bisa membuat skala prioritas tugas ataupun pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu dan urutkan dari yang paling mendesak. Jangan lupa untuk update progress dengan menuliskannya lewat sticky note atau catatan kamu buat memantau sejauh mana hal yang telah kamu kerjakan.

Siapkan Camilan dan Minuman Favorit

Menyiapkan camilan dan minuman favorit untuk menemani.
Tips Kurangi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan/www.freepik.com/

Last but not least, kebiasaan suka menunda tugas ataupun pekerjaan terkadang datang saat kamu tengah bosan dan jenuh. Buat mengatasinya, kamu bisa membangun suasana menjadi lebih menyenangkan. Kamu dapat mencobanya dengan menyiapkan camilan ringan atau minuman buat menemani kamu mengerjakannya, Ladies.

Mengerjakan tugas ataupun pekerjaan sembari makan dan juga minum membantu kamu meningkatkan mood untuk melakukannya lho. Cara ini pun diharapkan bisa bikin kamu bangkit dan lebih bersemangat lagi. Selamat mencoba ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id