sign up SIGN UP

LIFE

Tanpa Disadari, 4 Hal Ini Sering Kali Jadi Kekhawatiran Wanita Single Jelang Usia 30 Tahun

Ade Irma Suryani | Selasa, 30 Mar 2021 18:00 WIB
Tanpa Disadari, 4 Hal Ini Sering Kali Jadi Kekhawatiran Wanita Single Jelang Usia 30 Tahun
caption

Memasuki usia 30 tahun seringkali membuat sebagian besar wanita yang masih single menjadi khawatir atau ketakutan karena sesuatu. Baik itu karena belum menemukan jodoh ataupun hal lainnya.  

Nah, tanpa disadari 4 hal ini sering kali menjadi kekhawatiran wanita single yang akan memasuki usia 30 tahun. Berikut ulasannya di bawah ini. 

 

1. Khawatir Akan Efek Penuaan

Menjelang usia 30 tahun mulai khawatir pada Penuaan.
Khawatir Efek Penuaan/Foto: freepik.com

Setiap wanita pasti ingin selalu terlihat cantik dan awet muda di segala usia. Namun, menjelang usia 30 tahun banyak dari para wanita yang mulai khawatir akan efek penuaan pada wajah dan tubuh, serta perubahan fisik lainnya. Hal inilah yang kerap membuat sebagian wanita yang akan memasuki usia 30 tahun menjadi takut jika tidak cantik lagi dan sebagainya.

Nah, jika kamu sendiri mulai merasakan kekhawatiran seperti itu, maka tak usah panik. Lebih baik dari sekarang kamu mulai merawat wajah dan tubuh dengan baik, seperti halnya mulai rajin menggunakan skincare dan tidak menggunakan sembarang make up. 

Selain itu, kamu juga tidak harus sampai menghabiskan banyak dana untuk perawatan kecantikan. Kamu juga bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu. Pastikan juga kamu menjalani gaya hidup sehat dalam menjaga kecantikanmu, seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

 

2. Diomongin Orang karena Belum Menikah

Menjelang usia 30 tahun banyak perempuan menjadi khawatir diomongin orang karena belum menikah.
Takut Diomongin Orang/Foto: freepik.com

Belum juga menikah di akhir usia 20-an dan akan memasuki usia 30 tahun sering kali membuat sebagian besar wanita mengalami kekhawatiran sendiri. Khususnya kekhawatiran akan omongan orang-orang di sekitar.

Meskipun kamu termasuk orang yang cukup santai dalam menikmati status single-mu, namun akan ada dimana kamu tidak merasa nyaman ketika mendengar omongan orang-orang yang tidak menyenangkan. Seperti halnya di cap sebagai perawan tua, terlalu pemilih, tidak laku-laku, dan ucapan yang menyakitkan lainnya. 

Mendengar omongan yang tidak menyenangkan baik dari keluarga sendiri, tetangga, dan teman-teman memang bisa membuat diri menjadi risih dan kesal. Namun, tetaplah tenang dan menyikapinya secara santai. Jika perlu, kamu dapat memberikan penjelasan yang masuk akal kepada mereka seperti yang kamu inginkan.

 

3. Sulit Memiliki Anak

Wanita jelang usia 30 tahun sering kali khawatir tentang kesuburannya di usia 30 tahun.
Sulit Memiliki Anak/Foto: freepik.com 

Selain kekhawatiran karena belum menikah, banyak para wanita yang juga takut jika nantinya sulit memiliki anak ketika menikah di usia 30-an. Apalagi ketika kamu banyak diingatkan oleh orang-orang sekitar untuk segera menikah sebelum memasuki usia 30 tahun. Karena dianggap usia tersebut akan sulit untuk hamil, stamina yang mulai menurun, dan lain sebagainya. 

Meskipun begitu, tetaplah berusaha untuk tetap tenang. Jangan panik, usia 30 tahun masih tetap muda kok. Daripada dibawa khawatir, lebih baik kamu mulai menjalani hidup sehat dari sekarang, seperti rajin berolahraga dan sebagainya.

 

4. Orang Tua yang Semakin Tua

Semakin tua usia seseorang menimbulkan kesadaran bahwa orang tuanya juga semakin tua.
Orang Tua Semakin Tua/Foto: freepik.com

Semakin bertambahnya usia diri juga ikut menyadarkan bahwa orang tua juga semakin tua. Barangkali ketika kamu mengingat hal ini membuatmu semakin sedih. Dimana timbul rasa khawatir karena kamu merasa belum bisa membahagiakan orang tuamu sampai saat ini. Apalagi mengingat bahwa kamu belum menikah dan belum bisa memberikan cucu untuk mereka. 

Nah, daripada merasa takut, terus kepikiran dan membuat sedih, akan lebih baik bagimu mulai dari sekarang untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya bersama orang tua. Usahakanlah untuk membuat orang tuamu bahagia. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id