sign up SIGN UP

Tetap Tenang, Katakan 7 Hal Ini Saat Kamu Merasa Terpuruk

ira syafira | Minggu, 20 Jun 2021 20:30 WIB
Tetap Tenang, Katakan 7 Hal Ini Saat Kamu Merasa Terpuruk
caption
Jakarta -

Perasaan terpuruk pasti pernah dirasakan hampir semua orang, hanya cara mengatasinya saja yang berbeda-beda. Terpuruk setelah melalui kegagalan tentu boleh-boleh saja. Namun, kamu tidak bisa terus berada dalam situasi tersebut dan memperburuk kehidupan kamu ke depannya.

Kegagalan dalam sebuah kehidupan tidak semua bisa dianggap sebagai sebagai masalah. Adapun kegagalan yang malah menjadikan seseorang menjadi pribadi yang lebih kuat atau seseorang yang mampu melihat dunia dengan sudut pandang berbeda.Jika kamu sedang terpuruk karena sebuah kegagalan, cobalah untuk membangun motivasi yang bisa membuat dirimu jauh merasa lebih baik dan bisa segera bangkit. 

Beberapa hal berikut ini bisa menjadi pengingat untuk kamu dan akan membantu perasaanmu lebih baik. Yuk, kita simak bersama hal apa saja yang bisa dilakukan.

1. Kegagalan adalah pelajaran yang berharga

Foto: Kegagalan hal berharga/pexels.com
Foto: Kegagalan hal berharga/pexels.com

Seorang selebriti sekaligus pengusaha dari Amerika Serikat, yakni Oprah Winfrey pernah mengatakan, "Berpikirlah seperti seorang ratu. Seorang ratu tidak takut gagal. Kegagalan adalah langkah lain menuju kebesaran." Saat dimana hal buruk terjadi, pasti akan ada kesulitan untuk menilai sesuatu secara objektif.

Akan tetapi, pada setiap kegagalan atau momen negatif, selalu ada pelajaran yang bisa kita petik. Bersabar dan percayalah, bahwa pada kenyataannya, semua ini akan membuat dirimu lebih siap untuk menghadapi hal berat lain di kehidupan selanjutnya.

2. Tantangan ini akan menjadikanmu lebih kuat

Foto: Tantangan untuk kuat/pexels.com
Foto: Tantangan untuk kuat/pexels.com

Memang keterpurukan ini mungkin akan membuatmu merasa patah atau merasa gagal. Tapi tenang saja, kamu pasti akan pulih dari semua cobaan dan bangkit menjadi orang yang lebih tangguh lagi. 

Ketika diri terluka, jaringan parut yang berkembang memperbaiki kulit rusak akan memberikanmu kulit baru yang lebih kuat. Bahkan lebih kuat dari yang kamu bayangkan. Hal ini juga berlaku untuk hati dan jiwamu, percaya bahwa kekuatan dari dalam dirimu akan pasti akan menyembuhkan dan menguatkan dirimu kedepannya.

3. Semua pasti akan berlalu

Foto: Semua pasti berlalu/pexels.com
Foto: Semua pasti berlalu/pexels.com

Kata-kata semacam ini memang terdengar klise, tidak peduli seburuk apapun perasaanmu saat ini dan seberapa putus asanya kamu dengan situasi yang kamu hadapi. 

Walaupun dunia ini menurutmu tampak seperti akan berakhir. Kamu harus menanamkan sebuah rasa percaya bahwa kenyataannya matahari tetap akan terbit esok hari dan menyinarimu dari segala kesulitan yang kamu hadapi. Sinar inilah yang nantinya akan mengusir segala masalah dan membawa cahaya baru yang penuh harapan untuk hidupmu.

4. Tidak ada yang bisa melakukan lebih baik dari dirimu

Foto: Kamu terbaik/pexels.com
Foto: Kamu terbaik/pexels.com

Tidak ada satu orang pun di luar sana yang sama persis seperti dirimu. Pribadi setiap orang diberkati dengan atribut yang unik, dimana atribut ini akan berbeda-beda setiap orangnya.  Sehingga, kamu tidak bisa begitu saja membandingkan dirimu dengan orang lain.

Membandingkan diri kita dengan orang lain tidak hanya sia-sia, tapi juga akan mengecilkan hati kita. Percayalah, tidak ada yang menjalani kehidupan yang kamu jalani. Jadi, tidak ada yang lebih siap menghadapi tantangan ini selain dirimu. Cobalah meyakinkan diri bahwa kamu lebih berharga dibandingkan orang lain di sekitarmu.

5. Setiap orang juga berjuang keras

Foto: Setiap orang berjuang/pexels.com
Foto: Setiap orang berjuang/pexels.com

Jika kamu menganggap bahwa masalahmu paling sulit dibanding orang lain, maka itu salah. Masalah pribadimu itu bukanlah sulit, melainkan unik untuk situasimu. Orang lain bisa saja menghadapi masalah yang lebih sulit darimu, tapi mereka tidak merasa putus asa.

Nikmatilah kenyataan bahwa ada orang lain di luar sana yang juga merasa kurang hebat. Tidak peduli sebesar apa rasa putus asa yang kamu rasakan, ada orang lain yang akan dapat berhubungan dan menjadi penghibur lara untukmu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah, temukan mereka.

6. Kamu tidak sendiri

Foto: Kamu tak sendiri/pexels.com
Foto: Kamu tak sendiri/pexels.com

Rasa tidak aman yang sering kita rasakan cenderung membatasi kita ke tempat yang sangat sepi. Tapi ketahuilah, ada banyak orang di sekitarmu yang menunjukkan seberapa berartinya dirimu dan menakjubkannya kepribadianmu.

Bahkan jika kamu tidak bisa menilai dirimu sendiri, orang lain pasti bisa melakukannya. Meskipun kamu merasa seringkali membebani mereka dengan segala keluhanmu, yakinlah bahwa mereka tidak akan berpikir seperti itu. Ingatlah bahwa kamu masih memiliki teman dan kerabat yang menganggap dirimu sebagai orang yang hebat.

7. Ada banyak hal yang patut disyukuri

Foto: Bersyukur/pexels.com
Foto: Bersyukur/pexels.com

Ketika kamu merasa sedang sangat putus asa, cobalah untuk membuat daftar tentang tiga hal yang paling patut untuk disyukuri, tepat pada saat itu juga. Hal ini bisa menjadi latihan yang bagus untuk membantumu mendapatkan sedikit perspektif berbeda.

Meski kamu merasa seperti dunia akan runtuh, setidaknya saat kamu membuat daftar terima kasih maka itu akan membantumu untuk mengingat bahwa selalu ada hal baik di balik segala kesulitan. 

Pada intinya, kamu harus mengingat bahwa di balik segala kesulitan yang harus kamu hadapi, selalu ada jalan keluar yang akan menanti. Tetap berpikir positif dalam hidup, maka kamu pasti akan dipertemukan dengan jalan keluar dari segala macam masalah dan mengubahnya menjadi sesuatu yang indah. 

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id