sign up SIGN UP

LIFE

Tips Bahagia dengan Terapkan Standar Hidup Berkecukupan

Jovita | Rabu, 20 May 2020 06:00 WIB
Tips Bahagia dengan Terapkan Standar Hidup Berkecukupan
caption
Apakah kamu termasuk orang yang selalu berusaha menemukan kebahagiaan? Ada banyak cara untuk menciptakan kebahagiaan, salah satunya dengan menerapkan standar hidup berkecukupan. Bagaimana caranya? Berikut informasinya!

1. Tentukan prioritas yang harus dipenuhi


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Dalam hidup ada banyak hal dan kebutuhan yang ingin dipenuhi. Tetapi jika kamu secara serakah berusaha memenuhi semuanya, tentu tidak akan bahagia.

Meskipun semua berhasil dipenuhi, kamu akan selalu merasa kurang. Untuk keluar dari masalah ini, terapkanlah pola hidup berkecukupan dengan menentukan prioritas kebutuhan yang harus dicapai terlebih dulu, misalnya sandang, pangan, dan papan.

Jangan sampai kamu hidup hanya untuk memenuhi gengsi dan gaya hidup mewah. Tips bahagia ini akan membantumu menciptakaan kehidupan yang jauh lebih baik, tenang dan tentram.

2. Pilih hiburan yang sesuai dengan kemampuanmu


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Kunci dari tips bahagia dengan hidup berkecukupan adalah jangan memaksakan diri atau segala sesuatu yang tidak sesuai kemampuanmu, termasuk dalam memilih hiburan. Misalnya kamu memaksakan diri agar bisa berlibur ke luar negeri, padahal uangmu hanya cukup untuk sekadar liburan di dalam kota. Akhirnya kamu berusaha keras untuk mendapatkan uang lebih hingga jatuh sakit.

Kalau sudah seperti ini, bukannya untung malah buntung. Uang yang sudah dikumpulkan malah jadi dipakai untuk membayar biaya pengobatan.

Padahal dengan uang yang ada, kamu bisa kok tetap berlibur meskipun hanya di dalam kota. Ajaklah orang-orang yang berarti agar liburan sederhana itu jadi semakin menyenangkan. Mencari hiburan untuk menikmati hidup memang wajar dan sangat boleh dilakukan tapi jangan sampai melewati batasmu, ya. 

3. Bersyukur atas apa yang sudah dimiliki


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tips bahagia yang paling ampuh adalah dengan selalu bersyukur. Bersyukur adalah hal yang terasa mudah diucapkan namun sulit diterapkan.

Karena itu, dibutuhkan latihan setiap hari untuk menciptakan rasa syukur yang tulus dalam hati. Mulailah dengan melihat semua hal yang berjalan baik di hidupm, kemudian tuliskan dalam catatan harianmu.

Bernapas dengan gratis, hidup berkecukupan, bahkan bisa membaca artikel ini, merupakan hal yang patut untuk disyukuri karena tidak semua orang bisa mendapatkan hal tersebut. Karena itu, agar hidup lebih bahagia, ciptakanlah rasa syukur yang tulus dari dalam hati.


4. Jangan ikuti standar hidup orang lain


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri. Pepatah ini tidak pernah lekang oleh waktu sampai saat ini, karena begitulah manusia menjalani hidup.

Diakui atau tidak, kita seringkali merasa iri atas pencapaian hidup orang lain. Karena itu, kita menjadikan standar hidup orang lain sebagai standari hidup kita. Melihat orang lain membeli mobil, kita langsung berambisi membeli mobil hingga memaksakan diri. Melihat anak tetangga mendapat beasiswa, langsung secara otoriter memaksa anak sendiri agar mendapat beasiswa.

Kita tidak pernah mengetahui apa yang sudah dilalui orang lain untuk sampai pada suatu titik. Mengikuti standar hidup orang lain hanya akan membuatmu lelah. Cukup ambil hal positif dari kesuksesan mereka dan jadikan itu motivasi dalam menjalani hidup dan mencapai tujuanmu. 

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id