sign up SIGN UP

LIFE

Tips Bercocok Tanam untuk Kamu Pemula

S Saraswathi | Sabtu, 25 Jul 2020 07:00 WIB
Tips Bercocok Tanam untuk Kamu Pemula
caption

Berbarengan dengan gaya hidup minimalis yang sedang booming di Indonesia, kini banyak sekali orang yang tertarik untuk menekuni bidang bercocok tanam untuk hobi. Dengan begitu, tanaman dipercaya membantu mengurangi stress.

Menurut penelitian, melihat tanaman-tanaman hijau bisa membantu menyegarkan pikiran dan mata kita. Nah Ladies, apakah kamu termasuk orang yang baru akan menekuni bidang bercocok tanam untuk hobi? Jika iya, artikel ini cocok banget untuk kamu! Simak terus ya!

1. Pilihlah Jenis Tanaman yang Mudah untuk Perawatannya

Bunga Lavender
Lavender / www.freepik.com/free-photo/

Tanaman tentunya memiliki banyak sekali jenis. Biasanya untuk pemula akan ada rasa ingin langsung beli berbagai macam jenis sekaligus. Namun hal itu tidak disarankan ya, Ladies.


Pilihlah tanaman yang mudah perawatannya. Kamu bisa searching di internet atau bisa juga kamu tanya pada penjual tanamannya. Sebagai contoh untuk bunga kamu bisa pilih: lavender, melati, dahlia, dan bouegenville. Sedangkan untuk sayuran kamu bisa pilih: bawang, cabai, atau tomat.

2. Tentukan Media Tanam yang Akan Kamu Gunakan

Pot tanaman
Pot Tanaman / www.freepik.com/free-photo/

Sebagai informasi, media tanam yang kamu gunakan akan memiliki pengaruh yang besar untuk pertumbuhan tanaman tersebut. Jika kamu ingin menggunakan pot, pilihlah pot dengan menyesuaikan bentuk dan ukuran dari kebutuhan tanamanmu. Jika media yang kamu gunakan tidak memadai, itu jelaskan menghambat tumbuh kembang tanaman, dan tanamanmu bisa mati.

3. Pastikan Tanaman Mendapatkan Kebutuhan Air dan Sinar Matahari yang Cukup

Sinar matahari
Sun Shine/ www.freepik.com/free-photo/3d-background-sun-shining-onto-tree-against-bokeh-background_7507725.htm#page=1&query=sun shine&position=14

Selain media tanam, ada 2 hal penting yang mempengaruhi tumbuh kembang tanaman juga, yaitu sinar matahari dan juga air. Kamu harus perhatikan jenis tanaman apa yang kamu tanam, karena setiap jenis tanaman memiliki kebutuhan sinar matahari dan air yang berbeda.

Pastikan tanaman kamu tetap mendapatkan kebutuhan sinar matahari dan air sesuai dengan kebutuhannya.

4. Jagalah Nutrisi Tanaman

Happy girl
Happy girl / www.freepik.com/free-photo/happy-young-girl-walking-flower-field-sunset-wearing-straw-hat-bag-full-flowers_3339161.htm#page=1&query=sun shine&position=43

Terakhir adalah hal yang juga sama pentingnya dengan nomor-nomor sebelumnya. Jangan lupa untuk menjaga nutrisi dari tanamanmu. Nutrisi tanaman ini didapatkan dari pupuk. Pastikan tanaman kamu mendapatkan nutrisi dari pupuk terbaik agar tanaman bisa tumbuh subur dan sehat. Jangan lupa untuk mengontrol tanaman-tanamanmu setiap hari ya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id