sign up SIGN UP

Wajib Tahu, 4 Bagian Tubuh ini Ternyata Paling Jarang Dibersihkan Ketika Mandi

Raudiya Nurfadilah H | Selasa, 13 Jul 2021 20:15 WIB
Wajib Tahu, 4 Bagian Tubuh ini Ternyata Paling Jarang Dibersihkan Ketika Mandi

Menjaga kebersihan itu penting untuk dilakukan salah satunya dengan mandi. Manfaat mandi adalah untuk membersihkan badan kita dari kotoran yang menempel dan membersihkan keringat setelah seharian melakukan kegiatan. Beauties, kalau kamu malas mandi maka kotoran dan keringat akan menumpuk di kulit dan tak heran jadi menimbulkan bau yang tidak sedap.

Ketika mandi pun sebaiknya kita selalu memastikan bahwa seluruh bagian tubuh telah dibersihkan dengan benar, karena secara tidak sadar ada beberapa bagian tubuh tertentu yang luput dari perhatian. Apa saja bagian tubuh itu? Berikut penjelasannya:

Bawah Kuku

di bawah kuku pun banyak kotoran yang menempel karena aktivitas kita yang sering menyentuh sesuatu
Bagian bawah kuku jarang dibersihkan/ Foto: Freepik/ Freepik

Meski tangan kita sering dibersihkan dan selalu terkena sabun ketika mandi, tetapi bagian bawah kuku bisa saja terlewati dan tidak bersih karena kamu kurang memerhatikan bagian tersebut. Padahal di bawah kuku pun banyak kotoran yang menempel, karena aktivitas kita yang sering menyentuh sesuatu, menyentuh daging, menggunakan kamar kecil, dan lain-lain.

“Kotoran dan bakteri dapat menumpuk dan membentuk koloni di area bawah kuku,” ujar dr. Robert Glatter, MD, asisten profesor kedokteran darurat di Departemen Kedokteran Darurat Kesehatan Northwell di Lenox Hill Hospital di New York City yang dikutip dari The Healthy.

Dr. Glatter menyarankan untuk selalu membersihkan bawah kuku demi menghilangkan bakteri dan kotoran  dengan air sabun yang hangat. Untuk mencegah bakteri berkembang biak, lebih baik memotong kuku dengan ukuran pendek.

Kaki

bagian kaki yang tidak dibersihkan akan tumbuh jamur penyebab kutu air
Bersihkan bagian kaki ketika mandi/ Foto: Freepik/ Valuavitaly

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa bagian kaki tidak perlu terkena sabun, karena air sabun akan mengalir ke area tersebut sehingga tidak perlu dibersihkan. Anggapan tersebut tidak benar ya Beauties, karena bagian kaki yang tidak dibersihkan akan tumbuh jamur penyebab kutu air, apalagi kalau kamu sering memakai sepatu dan tidak memakai kaus kaki.

Dikutip dari Bright Side, bagian kaki pun penting untuk dibersihkan dengan sabun serta menggosoknya dengan batu agar sel-sel kulit mati dapat terbuang ketika mandi. Sela-sela jari juga harus dibersihkan secara menyeluruh. Untuk menghindari tumbuhnya bakteri, kamu bisa mencuci kaki dengan air sabun yang hangat dan segera keringkan dengan handuk.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id