sign up SIGN UP

Waktu-waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Hani Arifah | Kamis, 20 May 2021 20:30 WIB
Waktu-waktu Terbaik untuk Minum Air Putih
caption
Jakarta -

Air merupakan bagian yang terpenting dalam tubuh kita. Presentase air di tubuh kita adalah sebanyak lebih dari 50%-70%. Dilihat dari banyaknya jumlah air yang ada di tubuh kita, tentu saja air memiliki peranan yang sangat penting. Fungsi air bagi tubuh di antaranya adalah: menjaga tekanan darah, mencegah batu ginjal, menjaga kesehatan pencernaan, dan masih banyak lagi.

Foto: pinterest/draxe
Ilustrasi air putih

Karena pentingnya air untuk tubuh, kita dianjurkan memperbanyak air putih setiap harinya. Idealnya kita harus mengonsumsi air putih lebih dari 2 liter sehari. Ada waktu-waktu terbaik untuk mengkonsumsi air putih agar manfaatnya lebih maksimal. Kapan saja? Simak beberapa waktu terbaik berikut!

Beberapa Saat Sebelum tidur

Malam hari adalah waktu di mana tubuh kita beristirahat setelah beraktivitas seharian. Pada siang hari saat beraktivitas, tubuh kita mengeluarkan banyak tenaga dan cairan. Mengkonsumsi air putih sebelum tidur dapat mengembalikan cairan-cairan tubuh yang hilang di siang hari. Selain itu, air putih juga dapat melarutkan racun dalam tubuh selagi kita tidur.

Beberapa Saat Setelah Bangun Tidur

Sering kali kita merasa sangat haus ketika bangun tidur, terlebih jika sedang berada di hawa pans. Hal tersebut dikarenakan tubuh kita mengalami penguapan ketika sedang tidur. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan mengembalikan cairan tubuh, mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan.

Ketika Sedang Sakit

Saat sakit, daya tahan tubuh kita sedang dalam kondisi buruk. Sering kali, dokter menganjurkan kita untuk memperbanyak istirahat dan meminum air putih. Air putih dapat membantu memulihkan daya tahan tubuh di samping obat yang kita konsumsi.

Setengah Jam Sebelum Makan

Mengkonsumsi air putih sebelum makan sering dilakukan oleh pelaku diet. Hal ini dikarenakan air putih dapat menekan nafsu makan sehingga tubuh merasa cepat kenyang. Dilansir dari Halodoc, minum sebelum makan dapat menurunkan sebanyak 75 kalori. Selain itu, air putih yang dikonsumsi setengah jam sebelum makan juga mampu membantu proses pencernaan. Namun, perlu diingat, beri jeda setengah jam sebelum mulai makan agar air putih yang kita konsumsi tidak berdampak buruk pada proses pencernaan.

Beberapa Saat Setelah Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dapat menguras tenaga dan cairan dalam tubuh. Saat olahraga, tubuh kita dapat menguap yang menyebabkan dehidrasi.

Dikutip dari Hellosehat, kita dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak 500-600ml 2 sampai 3 jam sebelum berolahraga. Kemudian, setelah berolahraga kita juga dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 250ml untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga.

Itu tadi beberapa waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsi air putih.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id