sign up SIGN UP

LIFE

Waspada! Ini Dia Ciri-Ciri Online Shop Penipu

Rumaysha Milhania | Senin, 29 Jun 2020 16:00 WIB
Waspada! Ini Dia Ciri-Ciri Online Shop Penipu
caption
Jakarta -

Tren berbelanja saat ini sudah jauh berbeda dengan berbelanja 10 tahun yang lalu. Jika dulu kita harus pergi ke mall atau pertokoan untuk bisa berbelanja barang-barang, sekarang kita hanya tinggal duduk manis di rumah dan barang akan sampai ke rumah. Berbelanja secara online memang jauh memudahkan karena kita tidak perlu meluangkan waktu untuk berpergian dan mengeluarkan ongkos perjalanan. Belum lagi dengan biaya makan di luar saat pergi ke mall.

Belanja online memberikan kemudahan dari segi penghematan waktu dan uang.
Belanja Online/ Sumber: Freepik.com

Sayangnya, kemudahan ini tidak berarti segalanya akan aman. Pasalnya, banyak sekali kasus penipuan yang terjadi dengan modus toko online. Oknum-oknum tidak bertanggung jawab berpura-pura menjajakan produk secara online, tetapi mereka malah kabur dan hilang tanpa jejak setelah pelanggan mentransfer sejumlah uang. Untuk itu, penting bagi kita semua agar dapat mengenali ciri-ciri online shop penipu. Simak ulasan mengenai ciri olshop penipu berikut ini.

Memilih online shop terpercaya sangat penting untuk menghindari penipuan.
Online shop/ Sumber: Freepik.com
  1. Followers mungkin tampak banyak, tapi jumlah likes sedikit. Online shop penipu biasanya menggunakan akun yang sudah dilengkapi dengan sejumlah pengikut berupa akun bodong. Sekilas akun-akun penipu ini terlihat seperti sudah menjadi akun terpercaya karena memiliki banyak pengikut. Padahal semuanya hanyalah akun yang dibeli. Kamu dapat memeriksanya dari jumlah likes yang sedikit dibandingkan dengan jumlah pengikutnya.
  2. Kolom komentar tidak diaktifkan. Akun-akun online shop di Instagram biasanya akan membuka kolom komentar untuk meramaikan dagangannya. Namun, online shop penipu biasanya akan menonaktifkan kolom komentar untuk menutupi komplain dan teror dari pelanggan-pelanggan yang sudah ditipunya.
  3. Tidak bersedia melakukan COD. Untuk produk dengan harga mahal, seperti barang elektronik atau barang branded, biasanya online shop akan menawarkan pilihan COD atau cash on delivery di mana pelanggan bisa membeli barang dengan bertemu langsung dengan penjual. Biasanya, para penipu akan menghindari COD untuk barang mahal sekali pun.
  4. Tidak ada tagged-photos dari pelanggan. Biasanya pelanggan akan mengambil foto barang yang dibelinya dan men-tag akun online shop penjualnya. Namun, para online shop penipu tidak memilikinya karena memang barang yang dijualnya tidak pernah sampai ke pembeli.
  5. Harga barang yang dijual jauh lebih murah dari aslinya. Jangan pernah tergoda untuk membeli barang dengan harga yang super murah. Harga yang murah dapat mengindikasi adanya kepalsuan produk atau penipuan yang dilakukan penipu.
Online shop terpercaya biasanya tidak akan menutup kolom komentar.
Online shop terpercaya/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa ciri online shop penipu yang harus kamu antisipasi. Selain itu, kamu juga bisa melacak rekening tujuan apakah rekening tersebut pernah dilaporkan sebagai pelaku penipuan. Saat ini sudah ada beberapa website pemeriksa kredibilitas rekening untuk melakukan pemeriksaan.


 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id