sign up SIGN UP

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Sedari Dini, Dimulai dengan Pola Asuh yang Baik yuk!

Octavia Tunggal Dewi | Sabtu, 23 Oct 2021 23:00 WIB
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Sedari Dini, Dimulai dengan Pola Asuh yang Baik yuk!
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Sedari Dini/Foto: Freepik.com/bristekjegor

Menjaga kesehatan anak sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin. Para orang tua dapat melatih anak untuk menghindari gangguan mental dengan memperhatikan perilaku sehari-hari terhadap anak.

Selain itu para orang tua juga dapat membantu menjaga kesehatan mental anak dengan melakukan beberapa hal berikut. Beauties, ini dia tips menjaga kesehatan mental anak sedari dini. Simak selengkapnya di sini ya!

1. Menciptakan Parenting yang Baik

Menciptakan parenting yang baik
Menciptakan Parenting yang Baik/Foto: Freepik.com/Pressfoto

Cara menjaga kesehatan mental anak yang pertama yaitu menerapkan pola asuh atau parenting yang baik. Seperti pengasuhan yang mendukung perkembangan anak, menghindari kekerasan atau hukuman, serta melakukan pengasuhan dengan cara yang menyenangkan. Karena karakter serta mental anak tentunya akan tumbuh sesuai dengan pola asuh dari orang tuanya.

2. Mengizinkan Anak Bermain

Mengizinkan anak bermain
Mengizinkan Anak Bermain/Foto: Freepik.com/Master1305

Sebagai orang tua sebaiknya tidak melarang anaknya untuk bermain dan bersosialisasi dengan orang lain. Bermain merupakan hal terpenting bagi tumbuh kembang anak pada usia dini.

Bermain mendorong perkembangan otak sehingga anak dapat berimajinasi, mengeksplorasi, dan mengekspresikan dirinya sendiri. Selain itu yang paling penting dapatĀ  meningkatkan hormon kebahagiaan.

3. Membangun Kepercayaan Anak Terhadap Orang Tua

Membangun kepercayaan anak terhadap orang tua
Membangun Kepercayaan Anak Terhadap Orang Tua/Foto: Freepik/User18526052

Cara menjaga kesehatan mental pada anak juga dapat dengan membangun kepercayaan anak terhadap orang tua. Tidak sedikit anak yang tidak dapat lagi menjadikan orang tua sebagai tempatnya menceritakan kesedihan dan kebahagiaan karena sikap atau suatu hal tertentu yang membuat kepercayaan anak runtuh.

4. Membangun Rasa Percaya Diri

Membangun rasa percaya diri
Membangun Rasa Percaya Diri/Foto: Freepik.com/Drobotdean

Pentingnya membangun rasa percaya diri pada anak agar dapat mengembangkan kemampuan interpersonal dan tingkah laku yang sesuai. Terdapat beberapa faktor anak tidak percaya diri yaitu minimnya dukungan orang tua, terlalu banyak menerima kritik, pola asuh orang tua yang overprotektif sehingga membuat mental nya terganggu dan menjadi tidak percaya diri.

5. Mengajarkan Anak Cara Meredakan Stres

Mengajarkan anak cara meredakan stres
Mengajarkan Anak Cara Meredakan Stres/Foto: Freepik.com/Freepik

Cara menjaga kesehatan mental anak yang lain yaitu dengan mengajarkan anak cara meredakan stres. Stres dapat membuat keseharian anak terganggu dan tidak sedikit anak yang mengalami stres. Maka dari itu, mengajarkan anak cara meredakan stres juga sangat penting agar anak dapat belajar mengatasinya sendiri jika ia mengalami stres.

Beauties, mental yang sehat tentunya penting bagi siapa saja. Baik itu anak-anak, orang dewasa, bahkan lansia. Maka dari itu, sebaiknya para orang tua lebih memperhatikan kesehatan mental anak sedari dini ya demi pertumbuhan dan perkembangan mental anak yang sehat di masa depan. Yuk mulai peduli dan perhatikan perlakuan-perlakuan kecil kepada anak mulai sekarang.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id