sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Jangan Khawatir, Ini Cara Tepat Menghadapi Anak yang Hiperaktif

Rumaysha Milhania | Minggu, 30 Aug 2020 07:30 WIB
Jangan Khawatir, Ini Cara Tepat Menghadapi Anak yang Hiperaktif
caption
Jakarta -

Mengatasi anak hiperaktif memang tidak mudah. Pasalnya, anak-anak yang hiperaktif bisa tampak sangat stabil, aktif bergerak dan berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lain dengan energi yang tampaknya tak terbatas. Mereka juga mungkin tampak kesulitan mendengarkan atau mengikuti arahan. Tidak hanya itu, mereka juga mungkin berprestasi buruk di sekolah, mendapatkan nilai yang kurang, serta sulit mengikuti arahan dan aturan. Meskipun tampak berat, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi anak hiperaktif. 

Tidak hanya itu, mereka juga mungkin berprestasi buruk di sekolah, mendapatkan nilai yang kurang, serta sulit mengikuti arahan dan aturan.
Anak-anak/ Sumber: Freepik.com

Tetapkan Aturan

Banyak orang tua lebih suka mempertahankan rumah dengan aturan yang longgar dan santai. Namun, ketahui bahwa gaya pengasuhan yang santai ini cocok untuk anak-anak pada umumnya. Namun, anak hiperaktif cenderung mengalami masalah di lingkungan yang tidak jelas. Jika kamu menghadapi anak hiperaktif, jagalah agar sesuatu yang terjadi di rumah berjalan dengan jelas dan teratur. Dengan cara ini, anak akan mengetahui apa yang diharapkan darinya dari hari ke hari.


Sederhanakan Instruksi

Sulit bagi anak dengan ADHD untuk mengikuti dan mengingat daftar instruksi yang panjang. Sebaliknya, bagi tugas menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Selanjutnya, saat memberikan arahan, mintalah agar anak tersebut menatap matamu. Dengan begitu, ia akan terlatih untuk bisa fokus dan memperhatikan. Ini tidak mudah, tetapi bisa dilakukan dan diupayakan dengan proses.

Sulit bagi anak dengan ADHD untuk mengikuti dan mengingat daftar instruksi yang panjang.
Anak ADHDH/ Sumber: Freepik.com

Mintalah Anak untuk Mengulangi Instruksi

Menulis instruksi juga dapat membantu anak untuk mengingat dan memahami instruksi lebih baik lagi. Mengurutkan langkah demi langkah arahan yang tertulis memungkinkan anak hiperaktif untuk fokus pada satu langkah kecil di satu waktu. Dia dapat merujuk ke daftar tersebut untuk membantu membangkitkan ingatannya tentang apa yang diberitahukan kepadanya.

Minimalkan Gangguan

Hal-hal yang kebanyakan orang tidak pernah sadari ternyata dapat dengan mudah mengalihkan perhatian anak yang menderita ADHD. Oleh karena itu, tugas yang membutuhkan konsentrasi, seperti pekerjaan rumah atau belajar, harus dilakukan di tempat yang tidak banyak gangguan. Dudukkan anak dengan nyaman di lokasi yang jauh dari jendela dan pintu. Biarkan dia bergerak tetapi jangan biarkan dia terganggu oleh hal-hal lain.

Kamu sebenarnya juga bisa mencari banyak informasi dari buku bacaan, tetapi arahan dari dokter akan dapat lebih bermanfaat karena ia dapat memberikan pengamatan langsung dan spesifik tentang anakmu.
Anak Hiperaktif/ Sumber: Freepik.com

Selalu Konsultasi dengan Dokter

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter agar dapat membantumu mempersiapkan diri dengan informasi mengenai panduan mengasuh dan mengurus anak hiperaktif. Kamu sebenarnya juga bisa mencari banyak informasi dari buku bacaan, tetapi arahan dari dokter akan dapat lebih bermanfaat karena ia dapat memberikan pengamatan langsung dan spesifik tentang anakmu.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id