sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Masalah yang Sering Terjadi dalam Rumah Tangga, Harus Belajar Agar Pintar Mengatasinya

Rumaysha Milhania | Selasa, 25 Aug 2020 15:30 WIB
5 Masalah yang Sering Terjadi dalam Rumah Tangga, Harus Belajar Agar Pintar Mengatasinya
caption
Jakarta -

Ulang tahun pernikahan merupakan sebuah hal yang patut dirayakan karena pernikahan merupakan semua perjuangan dan pengorbanan. Banyak orang mengira bahwa mereka yang menikah berarti sudah menemukan pasangan hidup dan dapat hidup dengan bahagia selamanya.

Pernikahan merupakan perjalanan panjang yang penuh masalah dan cobaan.
Masalah Rumah Tangga/ Sumber: Freepik.com

Sayangnya, pernikahan itu tidak seperti yang kita bayangkan selama ini. Pernikahan merupakan perjalanan panjang yang penuh masalah dan cobaan. Sebagian dari mereka ada yang tidak mampu melaluinya hingga memutuskan untuk berpisah. Namun, ada pula yang bertahan dengan segala kompromi dan upaya untuk saling belajar dan memahami. Yang pasti, tidak ada pasangan dan rumah tangga yang sempurna. Nah, berikut ini adalah 5 masalah rumah tangga yang paling umum terjadi dan dialami dalam pernikahan.


Masalah Keuangan

Kita semua tahu bahwa dalam hidup ini semua orang membutuhkan uang untuk bisa bertahan. Itulah sebabnya, masalah keuangan dalam pernikahan tentu tidak lagi aneh untuk diperbincangkan. Di satu sisi, uang memang dapat memberikan banyak kebahagiaan bagi banyak pasangan. Namun, ada pula yang malah menimbulkan banyak masalah baru, seperti misalnya perebutan kekuasaan, perbedaan nilai dan kebutuhan, atau masalah lain seputar penggunaan uang itu sendiri. 

Persoalan Anak-Anak

Kehadiran buah hati memang merupakan anugerah dan kebahagiaan tidak terhingga bagi pasangan. Namun, sadari bahwa anak-anak juga membawa potensi sumber dalam masalah pernikahan. Anak-anak dapat menambah stres dalam pernikahan karena mengasuh anak membutuhkan lebih banyak tanggung jawab serta perubahan peran. Memiliki anak juga berarti memberikan lebih banyak peluang untuk perselisihan dan ketegangan. Itulah sebabnya sangat penting bagi pasangan untuk bisa hadir dalam hubungan yang lebih baik dan erat sebelum memutuskan untuk memiliki momongan.

Anak-anak dapat menambah stres dalam pernikahan karena mengasuh anak membutuhkan lebih banyak tanggung jawab serta perubahan peran.
Pernikahan bermasalah/ Sumber: Freepik.com

Stres dan Tekanan Harian

Tekanan dan stres yang dialami pasangan tiap harinya dapat berpotensi membuat pasangan mengalami konflik yang terjadi terus menerus. Tidak hanya itu, tekanan-tekanan kecil ini juga dapat memperburuk masalah yang sudah ada. Ketika salah satu pasangan mengalami hari yang melelahkan penuh tekanan, mereka akan membutuhkan ruang untuk bisa rileks dan tenang sejenak. Namun, sebagian pasangan tidak saling peka dan malah memperburuk dengan tekanan lain dengan kecenderungan saling menuntut.

Kesibukan

Banyak orang merasa bahwa bekerja keras adalah bagian dari perhatian dan kasih sayang untuk keluarga. Namun, pahami bahwa salah satu kebutuhan keluarga yang juga harus dipenuhi adalah kehadiran. Terlalu sibuk dapat membuat hubungan memburuk. Apalagi anak-anak yang menjadi korban karena kehilangan perhatian dan kasih sayang. Ini dapat memicu perdebatan pasangan tentang siapa yang paling bertanggung jawab.

Komunikasi yang Buruk

Terakhir, kesibukan juga dapat membawa pada kondisi yang lebih parah dengan komunikasi antar pasangan yang buruk. Pahami bahwa musuh terbesar dari masalah pernikahan adalah komunikasi yang buruk atau komunikasi negatif yang berpotensi dapat memperburuk sikap dan dinamika hingga akhirnya merusak hubungan.

Kesibukan juga dapat membawa pada kondisi yang lebih parah dengan komunikasi antar pasangan yang buruk.
Perselisihan dalam Rumah Tangga/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu kenali tentang masalah-masalah rumah tangga yang umum terjadi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id