sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kesalahan dalam Merawat Bayi Baru Lahir, Calon Ibu Perlu Tahu!

Ade Irma Suryani | Senin, 10 Aug 2020 21:00 WIB
Kesalahan dalam Merawat Bayi Baru Lahir, Calon Ibu Perlu Tahu!
caption
Jakarta -

Merawat bayi yang baru lahir memang bukanlah perkara yang mudah, apalagi buat para ibu muda. Seringkali, banyak kesalahan yang dilakukan para ibu dalam merawat bayinya dikarenakan ketidaktahuan atau pemahaman yang salah dari orang-orang terdahulu. 

Nah, untuk para calon ibu yang akan mempersiapkan kehadiran bayinya tentunya memerlukan ilmu yang cukup agar tidak melakukan kesalahan dalam merawat si kecil. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat bayi baru lahir. Simak informasinya di bawah ini.

 

1. Memberi Air Putih pada Bayi 

Bayi baru lahir belum boleh meminum air putih.
Memberi Air Putih pada Bayi/Foto: Freepik.com

Meskipun air putih itu baik bagi tubuh, namun tidak dengan memberikannya pada bayi yang baru lahir atau di bawah 6 bulan, lho. Hal tersebut dikarenakan organ tubuh bayi yang baru lahir hanya bisa menerima ASI. Memberi air putih pada bayi yang baru lahir diketahui dapat mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh dan juga mempengaruhi fungsi otak serta jantung. 

 

2. Menggunakan Popok Terlalu Lama

Salah satu kesalahan dalam merawat bayi yang baru lahir adalah memakaikan diaper dalam waktu yang lama.
Menggunakan Popok Terlalu Lama/Foto: Freepik.com

Saat ini begitu banyak produk popok sekali pakai yang beredar di pasaran. Hal ini sendiri menjadi suatu kemudahan bagi ibu untuk tidak perlu repot-repot lagi menambah cucian hanya karena memakai popok kain. Namun, popok sekali pakai yang serba praktis kadangkala kerap membuat ibu membiarkan bayinya menggunakan popok terlalu lama. Padahal, hal tersebut bisa menyebabkan bayi mengalami ruam popok. 

Sebaiknya, segera mengganti popok bayi jika pemakaiannya sudah terlalu lama walaupun tidak terlalu kotor. Bagi bayi yang baru lahir disarankan untuk mengganti popok sesering mungkin, sekitar 2-3 jam sekali. 

 

3. Menghentikan Pemberian ASI pada Bayi Lebih Cepat

Salah satu kesalahan merawat bayi yang baru lahir adalah menghentikan Pemberian ASI terlalu cepat.
Menghentikan Pemberian ASI pada Bayi Lebih Cepat/Foto: Freepik.com

Barangkali ada beberapa ibu yang memilih menghentikan pemberian ASI sebelum 6 bulan karena alasan bekerja atau sebagainya. Padahal bayi di bawah usia 6 bulan sangat dianjurkan untuk diberi ASI secara eksklusif tanpa tambahan atau makanan pengganti lain. Ketika bayi sudah diberi makanan lain sebelum berusia 6 bulan, maka hal ini dapat menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh bayi. Bayi bisa mengalami resiko gangguan pencernaan seperti diare, muntah, hingga malnutrisi.

 

4. Bayi Dicium oleh Banyak Orang

Membiarkan bayi Dicium oleh banyak orang bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi si bayi.
Bayi Dicium oleh Banyak Orang/Foto: Freepik.com

Selama seminggu pertama bayi lahir, bayi memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah. Oleh karena itu, sangat penting menjaga bayi agar tidak disentuh dan dicium oleh sembarang orang. Terlebih jika tangan dan mulut orang tersebut tidak dalam keadaan bersih.  Selain itu, buat orang tua bayi sebaiknya menghindari mencium bayi di bibir. Karena dikhawatirkan bayi bisa tertular bakteri atau kuman yang ada di mulut orang tuanya, sehingga bisa menyebabkan penyakit serius pada bayi. 

 

5. Memakaikan Bedak pada Bayi

Sebaiknya hindari penggunaan bedak pada bayi.
Memakaikan Bedak pada Bayi/Foto: Freepik.com

Umumnya, kulit bayi memang sangat halus, lembut, dan juga masih sensitif. Karena itulah, memakaikan bedak pada bayi sebenarnya tidak dianjurkan. Hal ini sendiri dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah kesehatan jika terhirup oleh bayi, seperti gangguan pernapasan berupa sesak napas atau batuk, serta beberapa masalah kesehatan lainnya.

Jika ingin memakaikan bedak pada bayi, sebaiknya ketika bayi telah berusia di atas 1 tahun. Selain itu, perhatikan kandungan di dalamnya dan hindari penggunaan bedak di daerah wajah dan lipatan kulit. 

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id