sign up SIGN UP

Khusus Anak Rantau, Inilah 5 Cara Sederhana Membuat Orangtua Bahagia Saat Jauh dari Mereka

Ruhil Anadiah Sabrina | Minggu, 08 Aug 2021 15:00 WIB
Khusus Anak Rantau, Inilah 5 Cara Sederhana Membuat Orangtua Bahagia Saat Jauh dari Mereka
caption

Merantau bukanlah suatu hal yang mudah buat kamu yang baru pertama kali. Demi mengejar cita-cita kita rela untuk meninggalkan zona nyaman jauh dari orangtua dan rumah.

Bukan tidak mungkin pernah merasakan fase homesick  yang membuat kita merasa sendiri dan ingin kembali saja ke kampung halaman. Namun jangan khawatir khusus kamu anak rantau ini 5 tips sederhana membuat orangtua bahagia saat merantau. 

Simak selengkapnya di sini ya, Beauties!

1. Berusaha Selalu Menghubungi

berusaha untuk selalu menghubungi orangtua
berusaha untuk selalu menghubungi orangtua/pexels.com/helena lopes

Cara pertama yaitu rutin menghubungi orangtua di rumah. Selalu beri kabar orangtuamu bahwa disini kamu sedang baik-baik saja, rajin telepon orang rumah, dan membalas setiap pesan yang mereka kirim. 

Jangan biarkan menunda-nunda waktu saat mereka menghubungimu, karena bisa membuat orangtua merasa khawatir dan cemas. Dengan demikian komunikasi kalian tetap terjaga baik. 

2. Jika Longgar, Jadwalkan untuk Pulang ke Rumah Walau Sebentar 

sesekali sempatkan waktu pulang ke rumah
sesekali sempatkan waktu pulang ke rumah/pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara selanjutnya yaitu jadwalkan untuk pulang ke rumah ketika hari libur atau weekend. Bagi anak rantau pasti jarangkan pulang kampung karena terkendala ongkos atau jarak yang jauh.

Maka jika jarak rumah ke kampung halaman dekat kamu bisa menyempatkan pulang kapan saja, tapi jika rumahmu beda pulau usahakan pulang setiap momen hari besar seperti lebaran. Dengan mengunjungi mereka bisa melepas kangen dan penat agar kita kembali bersemangat. 

3. Berusaha Menuruti Nasihat Baik dari Orangtua

menuruti nasihat orangtua
menuruti nasihat orangtua/pexels.com/karolina grabwoska

Tips selanjutnya yaitu dengan berusaha menuruti nasihat baik orangtua. Saat pertama kali merantau, orangtua pasti banyak memberikan wejangan atau petuah akan kehidupan yang bakal kamu jalani di kota orang. 

Saat telepon pula orangtua tidak bosan memberikan nasihat kepada kita untuk rajin beribadah, makan, untuk belajar, jangan lupa menjaga kesehatan, dan hal sederhana lainnya. Patuhilah nasihat tersebut sebagai pengingat saat kita hidup jauh dari mereka.

4. Jika Merantau untuk Kuliah, Kamu Bisa Menunjukkan Prestasimu 

tunjukkan prestasimu
tunjukkan prestasimu/pexels.com/godisable jacob

Cara ini khusus bagi kamu yang merantau untuk menimba ilmu. Buatlah orangtua bangga dengan berprestasi, ikuti turnamen apa saja atau lomba yang sesuai dengan passion yang kamu punya.

Ketika menang dalam perlombaan atau kompetisi, jangan lupa kabari mereka agar orangtuamu bahagia. Jika selama ini kamu sering mengalami kegagalan, jangan patah semangat yakinlah bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. 

5. Bersikaplah Terbuka dengan Orangtua

bersikap terbuka dengan orangtua
bersikap terbuka dengan orangtua/pexels.com/andrea piacquadio

Cara terakhir yaitu bersikap terbuka dengan orangtua. Kalau ada masalah di dunia perkuliahan atau di tempat kerja jangan suka dipendam sendiri. Bercerita dan hubungilah orangtuamu di rumah. 

Kalau takut berbicara dengan orangtua coba cari teman untuk sekedar curhat dan sharing bareng. Nah dengan bersikap terbuka entah itu kepada orangtua atau teman, tentu bisa membuat hati kita jadi lebih tenang.

Itulah Beauties lima cara sederhana membuat orangtua bahagia ketika kita merantau. Jangan lupa happy dan selalu kabari orangtuamu di rumah ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id