sign up SIGN UP

PPKM Darurat Resmi Diperpanjang, Ini Tips Jaga Imunitas Tubuh untuk Anak Kosan

Neysa Alicia | Sabtu, 17 Jul 2021 09:00 WIB
PPKM Darurat Resmi Diperpanjang, Ini Tips Jaga Imunitas Tubuh untuk Anak Kosan
caption

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat resmi diperpanjang. Hal ini karena lonjakan angka positif yang terus naik dan sebagai upaya dari pemerintah untuk menekan angka tersebut.

Tentu saja kondisi saat ini membuat kita perlu untuk lebih ekstra menjaga kesehatan tubuh, khususnya untukmu yang anak kosan. Hidup jauh dari keluarga dan orangtua terkadang membuat sebagian besar anak kos kurang memperhatikan kesehatannya sendiri. Padahal di musim panca roba seperti sekarang ini tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit.

Supaya tubuh tetap sehat, berikut ini kiat sederhana menjaga imunitas tubuh untuk anak kosan. Coba diikuti yuk!

1. Makan Makanan Bergizi

Healthy Food / foto: freeimages.com/Fcafotodigital
Healthy Food / foto: freeimages.com/Fcafotodigital

Kebiasaan anak kosan yang paling umum adalah ingin serba praktis. Seperti dalam hal memilih makanan misalnya.

Anak kos cenderung lebih suka membeli makanan yang sudah jadi, dibandingkan dengan masak sendiri. Apalagi zaman sekarang kita sudah dipermudah dengan adanya ojek online yang memberikan jasa pesan antar makanan. Belum lagi maraknya jajanan kekinian yang memberikan promo diskon besar-besaran, membuat kita bisa jajan makanan enak dengan harga terjangkau. 

Sebenarnya boleh-boleh saja membeli makanan di luar, dengan catatan harus tetap memperhatikan keseimbangan gizi makanan yang kamu beli. Makanan bergizi tentunya dapat menjaga kesehatan serta imunitas tubuh.

Maka pilihlah makanan yang terdiri dari sayuran, protein, dan karbohidrat. Tidak perlu mahal, karena banyak menu di warteg terdekat yang menyajikan makanan bergizi dan harganya pas di kantong anak kosan.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Mineral Water / foto: freeimages.com/MonthiraYodtiwong
Mineral Water / foto: freeimages.com/MonthiraYodtiwong

Untuk menjaga kesehatan, tubuh memerlukan cairan yang cukup. Minum air putih dapat membuat fokus kamu tetap terjaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, mengonsumsi air putih sebanyak dua liter atau setara dengan delapan gelas sehari juga mampu menjaga imunitas tubuh. Jadi, ada baiknya mulai sekarang kurangi jajan minuman kemasan yang mengandung gula atau minuman kekinian seperti boba, ya!

3. Istirahat yang Cukup

Sleep Well at Night / foto: freeimages.com/RyanKing999
Sleep Well at Night / foto: freeimages.com/RyanKing999

Hidup sendirian membuat anak kost cenderung memiliki waktu yang lebih bebas jika dibandingkan ketika tinggal bersama orangtua. Tidak sedikit anak kosan hobi begadang walaupun sudah tidak ada aktivitas lain.

Kurangnya waktu istirahat bisa membuat imunitas menurun, sehingga tubuh lebih rentan sakit. Untuk itu, meskipun ada film atau drama yang menarik untuk ditonton, atau game yang seru, kamu harus tetap memperhatikan jam dan kualitas tidur agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

4. Olahraga

Home Workout / foto: freeimages.com/Staticnak1983
Home Workout / foto: freeimages.com/Staticnak1983

PPKM di kosan saja memang cukup membosankan, terutama bagi anak kos yang masih bersekolah atau kuliah. Untuk mengisi waktu luang, ada baiknya kalau kamu mulai rutin melakukan olahraga agar imunitas tubuh meningkat. Tidak perlu olahraga berat. Kamu bisa melakukan jogging, jalan-jalan santai, atau home workout ringan yang bisa dilakukan di dalam kamar kosan.

Beauties, itu dia tips menjaga imunitas tubuh untukmu yang anak kosan. Sederhana dan mudah dilakukan bukan?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id