sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Pola Asuh Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Perlu Optimalkan Peran Ayah

Fauziana Hilda | Rabu, 26 Aug 2020 19:00 WIB
Pola Asuh Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Perlu Optimalkan Peran Ayah
caption

Pengasuhan yang luar biasa dan hebat adalah salah satu yang melibatkan ibu dan ayah untuk berpartisipasi aktif dalam kehidupan anak. Anak-anak yang ayahnya terlibat aktif dalam masa pertumbuhan mereka memiliki lebih sedikit masalah perilaku dan menghasilkan individu yang lebih baik secara sosial dan akademis.

Peran ayah tidak hanya sebatas menjadi "pencari nafkah" bagi keluarga. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak dapat memengaruhi perkembangan anak secara keseluruhan, termasuk perkembangan intelektual, perkembangan peran gender dan perkembangan psikologis. 

Kehadiran seorang ayah yang terlibat secara aktif di rumah akan terus mempengaruhi dalam kehidupan anak-anak. Berikut ini sekilas peran ayah dalam di berbagai tahap kehidupan anak.


Peran Ayah dan Bayi yang Baru Lahir

Peran ayah dan Bayi Baru Lahir
Peran Ayah dan Bayi Baru Lahir/ Foto: Freepik.com

Saat bayi baru lahir, peran ayah sangat berpengaruh bagi pertumbuhan bayi. Jika ibu berperan memberikan stabilitas emosional, peran ayah adalah memberikan keamanan dan kepastian dalam kehidupan bayi. Ketika seorang ayah menanggapi tangisan dan isyarat bayinya, bayi itu akan melekat padanya dan memandang ayahnya sebagai sumber kenyamanan dan kebahagiaan.

Sosok ayah cenderung memberikan banyak rangsangan fisik daripada ibu dan mendorong perkembangan otak kanan yang sehat pada bayi. Bayi yang tumbuh dengan orang tua yang terlibat cenderung tumbuh menjadi individu yang rapi, bahagia, dan sukses.

Ayah Sebagai Teman Bermain

Ayah Sebagai Teman Bermain
Ayah Sebagai Teman Bermain/ Foto: Freepik.com

Dalam pengasuhan anak, ayah memiliki peranan penting sebagai teman bermain. Ayah merupakan teman bermain yang sangat baik, terutama untuk permainan fisik dan kasar. Seperti permainan kuda-kudaan saat balita hingga berkompetisi dalam bermain video game saat remaja. Seorang anak selalu merasa ingin ditemani oleh ayahnya. Di sinilah benih persahabatan pertama kali mulai tumbuh pada anak.

Seorang ayah sebaiknya tidak boleh terlalu sibuk, sisihkan waktu untuk bermain dengan anak. Bermain dengan anak akan memberikan media komunikasi yang baik antara ayah dan anak. Ini juga akan memberikan banyak kesempatan pada ayah untuk mengajari anak beberapa pelajaran hidup, seperti berbagi dan yang berhubungan dengan menang dan kalah.

Ayah Berperan Sebagai Pelatih dan Guru

Ayah Berperan Sebagai Pelatih dan Guru
Ayah Berperan Sebagai Pelatih dan Guru/ Foto: Freepik.com

Ayah menjadi pelatih kehidupan pertama bagi anak. Ketika seorang ayah mengajari anaknya cara bermain sepeda, sepak bola untuk pertama kalinya, ini adalah hal pertama yang akan anak pahami.

Seorang ayah dapat berperan sebagai sosok yang mengajari anaknya untuk bangun setelah jatuh. Hal ini yang disebut dengan pembelajaran ketangguhan pada anak. Ayah berperan memberikan motivasi supaya anak dapat memiliki harapan untuk mempersiapkan mereka di kehidupan nyata.

Ayah Berperan Sebagai Pelindung

Ayah Berperan Sebagai Pelindung
Ayah Berperan Sebagai Pelindung/ Foto: Freepik.com

Dalam pola asuh tubuh kembang anak, peran ayah adalah sebagai pelindung. Selain menjadi pelindung, ayah juga berperan untuk mengajari anaknya untuk dapat melindungi diri mereka sendiri.

Ayah bisa mengajari anak tentang apa yang aman dan apa yang berbahaya. Anak juga bisa belajar tentang bagaimana menjadi sosok petualang tanpa mengorbankan keamanan. 

Ayah Berperan Sebagai Sahabat

Ayah Berperan Sebagai Sahabat
Ayah Berperan Sebagai Sahabat/ Foto: Freepik.com

Peran penting dalam pertumbuhan anak adalah dengan hadirnya ayah sebagai pelengkap kasih sayang di keluarga. Ayah bisa menjadi rekan untuk anaknya dan sekaligus sebagai saudara seperjuangan. Jika kamu seorang ayah, sebaiknya luangkan waktu bersama anak agar bisa membangun dan memperkuat ikatan persahabatan bersama anak. 

Ayah Sebagai Role Model Anak

Ayah Sebagai Inspirasi Anak
Ayah Sebagai Role Model Anak/ Foto: Freepik.com

Jika kamu memiliki anak perempuan, mereka akan memandang ayahnya sebagai pria sempurna pertama dalam hidupnya. Dia akan berharap pria lain dapat memperlakukannya dengan rasa hormat yang sama seperti ayahnya. Bahkan mereka akan mencari karakteristik yang sama dalam mencari seorang suami.

Sedangkan untuk anak laki-laki, mereka akan tumbuh menjadi replika ayahnya. Jika mereka melihat ayahnya menghormati ibu dan saudara perempuannya, secara tidak sadar anak tersebut akan tumbuh untuk menghormati wanita. Terutama apabila sang ayah berperilaku baik, anak tersebut juga akan tumbuh menjadi orang yang baik dan tulus. Mereka akan meniru cara ayahnya menjalani hidup, kerendahan hati, dan kejujuran.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id