sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sering Tidak Sadar, Ini Ciri-ciri Hamil 1 Bulan

Ayuliy Lestari | Minggu, 11 Apr 2021 08:30 WIB
Sering Tidak Sadar, Ini Ciri-ciri Hamil 1 Bulan
caption

Kehamilan memang salah satu momen yang paling ditunggu banyak perempuan. Namun sayangnya, tidak semua perempuan bisa mengenali gejala-gejala awal kehamilan. Apalagi tanda-tanda kehamilan pada 1 bulan pertama hampir mirip dengan kondisi-kondisi kesehatan lainnya.

Perubahan tubuh yang dialami dan gejala fisik lainnya sering dianggap sebagai keluhan kesehatan pada umumnya. Misalnya, telat haid yang dikaitkan dengan stres, mual dan muntah yang dikaitkan dengan masuk angin atau salah makan dan lain-lain.

Padahal, saat hamil muda, kamu harus ekstra berhati-hati menjaga kondisi tubuh agar janin sehat. Jadi, kamu harus mengetahui keadaan tersebut dari awal. Jika ada kondisi dan perubahan tubuh yang berlangsung secara terus-menerus, sebaiknya tidak diabaikan, Ladies.

Nah, agar kamu lebih siaga, berikut ciri-ciri hamil 1 bulan pertama yang perlu kamu tahu.

1. Kram dan Timbul Bercak

ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama
ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama/freepik.com

Mulai usia kehamilan 1 sampai 4 minggu, kram dan timbul bercak darah bisa muncul, Ladies. Nah, biasanya kondisi ini dianggap sebagai gejala sedang haid. Seperti yang diketahui, kontraksi rahim saat darah haid akan keluar memang bikin perut kram. Ditambah, adanya bercak darah, tanda-tanda tersebut kerap dianggap tetesan darah haid di hari-hari awal.

Padahal, tanpa disadari, itu adalah ciri-ciri bahwa kamu sedang hamil muda. Kenapa ada bercak darah yang sering keliru dianggap darah haid? Jadi, sel telur yang dibuahi akan menciptakan blastocyst yang merupakan sel-sel berisi cairan dan akan berkembang menjadi organ tubuh bayi.

So, ketika kamu merasakan perut kram plus timbul bercak darah, apalagi sudah telat haid, ada baiknya cek ke dokter. Hindari penggunaan obat tertentu, minum alkohol dan merokok ya, Ladies.

2. Payudara Bengkak

ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama
ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama/freepik.com

Payudara bengkak adalah salah satu tanda paling umum di awal kehamilan. Payudara akan terisi untuk mempersiapkan ASI ketika kamu menyusui setelah melahirkan nanti.

Selain bengkak, payudara menjadi sangat lunak dan sensitif. Sayangnya, salah satu tanda jelang haid adalah payudara yang bengkak bahkan nyeri. Sehingga, beberapa perempuan sering menganggap dirinya akan haid. Padahal, payudaranya membengkak tersebut karena sedang ada janin di rahim.

3. Aerola Menghitam

ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama
ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama/freepik.com

Pada beberapa wanita, perubahan hormon saat hamil bisa menyebabkan daerah puting payudara atau aerola menghitam lebih lebar, Ladies. Ini terjadi karena respons tubuh untuk mempersiapkan produksi ASI ketika kamu menyusui setelah melahirkan nanti. Jadi, jangan panik kalau perlahan aerola terlihat lebih hitam dari biasanya. Hal tersebut sangat normal.

4. Sering Buang Air Kecil dan Konstipasi

ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama
ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama/freepik.com

Saat hamil, rahim akan menekan kandung kemih yang bisa membuat kamu lebih sering buang air kecil. Seringnya, buang air kecil memang sering dikaitkan dengan kondisi banyak minum atau udara yang dingin.

Selain itu, tekanan dan perubahan pada usus juga bisa menyebabkan sembelit. Nah, sembelit juga sering diartikan adanya gangguan pencernaan yang membuat kamu susah buang air besar. Padahal, sering buang air kecil dan sembelit juga merupakan ciri-ciri hamil 1 bulan, Ladies.

5. Kelelahan

ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama
ciri-ciri kehamilan 1 bulan pertama/freepik.com

Ternyata, kelelahan adalah salah satu tanda kehamilan di minggu-minggu pertama. Hal tersebut terjadi karena tubuh kamu butuh banyak energi untuk menjaga janin agar tetap aman. Tapi lagi-lagi, banyak perempuan yang mengira kelelahan terjadi karena aktivitas fisik yang padat tanpa menyadari adanya kehamilan.

Klik NEXT untuk informasi selengkapnya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id