sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Cara Tepat Meningkatkan Kualitas Sperma, Pria Wajib Baca!

Rumaysha Milhania | Sabtu, 19 Sep 2020 02:00 WIB
Cara Tepat Meningkatkan Kualitas Sperma, Pria Wajib Baca!
caption
Jakarta -

Infertilitas adalah masalah umum dan terus meningkat pesat di seluruh dunia. Saat ini, kondisi tersebut memengaruhi sekitar satu dari setiap enam pasangan dan para ahli memperkirakan bahwa 40 hingga 50 persen kasus infertilitas disebabkan oleh kondisi pasangan pria. Meskipun infertilitas tidak selalu dapat diobati, beberapa dapat diperbaiki dengan diet sehat dan perubahan gaya hidup.

Masalah kesuburan pada pria biasa identik dengan jumlah sperma dan ini menjadi aspek penting dari kesuburan pria.
Kualitas Sperma/ Sumber: Freepik.com

Masalah kesuburan pada pria biasa identik dengan jumlah sperma dan ini menjadi aspek penting dari kesuburan pria. Konsentrasi atau jumlah sel sperma inilah yang dapat membantu menentukan kualitas sperma. Jika kamu memiliki masalah dengan hal ini, berikut cara tepat mengantisipasinya.

Olahraga dan Tidur

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga dan memiliki berat badan ideal dan sehat dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria yang gemuk. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa 16 minggu latihan aerobik selama 50 menit setiap hari, meningkatkan konsentrasi dan volume sperma pada 45 pria obesitas dan tidak banyak bergerak. Jadi, upayakan untuk terus berolahraga secara teratur dan tidur cukup.

Stres menyebabkan tubuh mengambil tindakan defensif dan menghemat energi. Tubuh menjadi kurang peduli dengan reproduksi dan lebih fokus pada organ-organ penting lain untuk bertahan hidup.
Kuantitas Sperma/ Sumber: Freepik.com

Kurangi Stres

Stres menyebabkan tubuh mengambil tindakan defensif dan menghemat energi. Tubuh menjadi kurang peduli dengan reproduksi dan lebih fokus pada organ-organ penting lain untuk bertahan hidup. Jalani pola makan yang sehat, olahraga secara teratur dan lakukan sesuatu yang kamu sukai. Semua ini akan membantu dalam mengelola stres. Untuk pria yang menderita stres berat atau kecemasan, dokter mungkin akan meresepkan obat antidepresan.

Berhenti Merokok

Merokok mengurangi jumlah sperma secara konsisten. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 menemukan bahwa bahwa pria yang merokok secara konsisten mengalami penurunan jumlah sperma. Jadi, hentikan kebiasaan tidak sehat ini sekarang juga!

Hindari Asupan Alkohol dan Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan terlarang berhubungan langsung dengan penurunan jumlah sperma. Bahkan alkohol yang berlebihan menurunkan kadar testosteron serta kualitas dan kuantitas sperma pada pria. Kedua hal ini juga dapat menyebabkan libido rendah dan bahkan impotensi.

Konsumsi obat-obatan terlarang berhubungan langsung dengan penurunan jumlah sperma. Bahkan alkohol yang berlebihan menurunkan kadar testosteron serta kualitas dan kuantitas sperma pada pria.
Kesuburan Pria/ Sumber: Freepik.com

Makan Lebih Banyak Antioksidan

Antioksidan membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat menyebabkan peradangan, yang selanjutnya dapat menyebabkan beberapa penyakit dan masalah. Meningkatkan jumlah makanan antioksidan dalam makanan dapat membantu meningkatkan jumlah sperma menurut beberapa penelitian. Jadi, perbanyak buah berry-berryan juga dikatakan mampu memberikan manfaat untuk pria dengan masalah kesuburan

Jadi, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id