sign up SIGN UP

Cegah Kehamilan Setelah Berhubungan Seks Tanpa Kontrasepsi, Bisakah? Pasangan Baru Menikah Wajib Tahu!

Fina Prichilia | Rabu, 10 Nov 2021 22:30 WIB
Cegah Kehamilan Setelah Berhubungan Seks Tanpa Kontrasepsi, Bisakah? Pasangan Baru Menikah Wajib Tahu!
caption
Jakarta -

Untuk menunda atau mengatur jarak kehamilan, pasangan yang sudah menikah disarankan berhubungan seks dengan pengaman. Tetapi, bisakah kalau tanpa pakai pengaman tapi 'tetap' aman'?

Jawabnya, mungkin saja, Beauties. Yakni menggunakan 'KB alami' juga pil kontrasepsi darurat. Apa maksudnya?

KB Alami

Kalender tahunan. dikhy sasrailustrasidetikfotoIlustrasi KB Kalender/ Foto: detikcom/Dikhy Sasra

Banyak pasangan yang tidak ingin mengalami efek samping yang ditimbulkan dari alat kontrasepsi. Demikian menurut Danielle Johnson, seorang dokter kandungan di Easton, Penn, dikutip dari laman Parents.

Untuk itu pasangan tersebut menggunakan KB alami, seperti menghindari berhubungan intim ketika masuk masa subur. Kalau kamu pakai cara ini, memang sangat dibutuhkan pengendalian diri dan konsisten mencatat jadwal menstruasi, juga menghindari berhubungan seks di waktu 'subur'. Cara ini disebut juga KB kalender. 

Menurut National Health Service, kecil kemungkinan untuk hamil di masa tidak subur, tetapi masih ada kemungkinan untuk kebobolan juga, Beauties. Penyebabnya bisa karena kamu salah menghitung masa subur, sperma yang bisa bertahan dalam tubuh sampai 7 hari usai berhubungan seks, atau ovulasi perempuan yang terjadi lebih awal.

Metode penarikan alias 'buang di luar' juga kerap dipakai beberapa pasangan. Yakni ketika tidak memberi kesempatan sperma untuk bertemu sel telur. Cara ini mungkin efektif bagi beberapa pasangan. Tetapi, cara ini sebenarnya punya peluang sekitar 22 persen untuk bisa hamil nih, Beauties.

Kontrasepsi Darurat

Ilustrasi pil KBIlustrasi pil KB/ Foto: Freepik.com

Terlanjur berhubungan seks tapi lupa pakai kondom? Masih bisa 'selamat' dengan menggunakan pil kontrasepsi darurat. Tetapi cara ini tidak dianjurkan untuk dipakai sebagai pengganti kontrasepsi reguler ya, Beauties.

Nah, bentuk kontrasepsi darurat ini ada yang bentuk pil, yang akan lebih baik kamu minum kira-kira dalam waktu 3 hari usai berhubungan seks. Dan ada juga yang berbentuk IUD, yang bisa dipakai kira-kira 5 hari usai berhubungan seks.

Andalan kamu selama ini bersama suami yang mana, nih?

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id