sign up SIGN UP

Jangan Dianggap Tabu! Ini Alasan Penting 'Edukasi Seks' Perlu Diajarkan Sejak Dini

Octavia Tunggal Dewi | Rabu, 03 Nov 2021 18:30 WIB
Jangan Dianggap Tabu! Ini Alasan Penting 'Edukasi Seks' Perlu Diajarkan Sejak Dini
Pentingnya Edukasi Seks Sejak Dini/Foto: Freepik.com

Edukasi seks sebaiknya ditanamkan terhadap anak sejak dini, di saat anak mulai berani untuk bertanya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan seksualitas. Orang tua dapat melakukan edukasi mulai dari hal-hal yang paling dasar, seperti pengenalan organ intim dan fungsinya tanpa perlu malu.

Sebab, hal tersebut memang bukanlah hal yang memalukan. Berikut ini alasan pentingnya seks edukasi sejak dini. Simak selengkapnya di sini ya, Beauties!

1. Mencegah Berkembangnya Pikiran-pikiran Negatif pada Anak

Mencegah berkembangnya pikiran-pikiran negatif pada anak
Mencegah Berkembangnya Pikiran-Pikiran Negatif/Foto: Freepik.com/Freepik

Pendidikan seks tidak hanya membahas mengenai hubungan seks tetapi juga membahas tentang perubahan fisik dan emosional apa saja yang akan terjadi saat masa pubertas. Alasan utama mengapa pendidikan seks perlu dilakukan sejak dini supaya anak tidak terkejut dan bisa memahami serta menerima perubahan yang mereka alami seperti perubahan fisik serta emosional.

2. Agar Mereka Memiliki Integritas Diri

Agar mereka memiliki integritas diri
Agar Mereka Memiliki Integritas Diri/Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Tujuan pendidikan seks sejak dini juga agar anak-anak tumbuh menjadi generasi muda berkualitas yang memiliki integritas. Sehingga mereka lebih memiliki pemahaman tentang informasi seputar seks, kesehatan dan perkembangan reproduksi. Selain itu juga hubungan dan batasan antara laki-laki dan perempuan yang harus diperhatikan serta batas aman yang harus dijaga.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Bergaul

Meningkatkan rasa percya diri dalam bergaul
Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Bergaul/Foto: Freepik.com/Freepik

Tujuan lain pentingnya pendidikan seks sejak dini yaitu supaya menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Jika ia dapat menjaga diri dengan baik dan memahami batasan yang boleh dan tidak boleh dilanggar maka ia akan tetap merasa aman dan nyaman selama bergaul.

4. Mencegah Rasa Ingin Tahu yang Tidak Sehat

Mencegah rasa ingin tahu yang tidak sehat
Mencegah Rasa Ingin Tahu yang Tidak Sehat/Foto: Freepik.com/Freepik

Alasan yang tidak kalah penting mengenai tujuan pendidikan seks sejak dini adalah agar mampu menghapus rasa ingin tahu yang tidak sehat mengenai informasi seputar seks. Sebab, di zaman yang serba canggih, anak-anak dapat mengakses apa saja di internet dengan mudah. Pengaruh internet dan lingkungan pergaulan memiliki peran yang besar dalam mengakses konten dewasa yang tidak seharusnya ditonton.

5. Mempengaruhi Kehidupan Anak Ketika Remaja

Mempengaruhi kehidupan anak ketika remaja
Mempengaruhi Kehidupan Anak Ketika Remaja/Foto: Freepik.com/Artursafronovvvv

Memberikan edukasi tentang seks sejak dini juga akan berpengaruh terhadap kehidupannya saat remaja nanti. Apabila dari kecil anak tidak diberi edukasi mengenai seks maka tidak menutup kemungkinan anak akan terjerumus ke hal-hal negatif terutama pergaulan bebas dikarenakan buta tentang edukasi seksual.

Nah Beauties, itu dia alasan pentingnya edukasi seks sejak dini, karena hal ini juga termasuk hal penting untuk diperhatikan untuk menumbuhkan generasi-generasi positif yang paham akan edukasi seksual. Sebab, jika sejak kecil sudah memberikan edukasi positif mengenai seks maka diharapkan saat remaja nanti anak-anak dapat menjaga diri dan membatasi lingkungan pergaulan mereka serta dapat membedakan antara hal baik dan hal buruk.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id