sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Hal-hal yang Harus Dilakukan Wanita Setelah Berhubungan Intim, Apa Saja?

Lulu Lukyani | Sabtu, 20 Mar 2021 12:15 WIB
Hal-hal yang Harus Dilakukan Wanita Setelah Berhubungan Intim, Apa Saja?
caption
Jakarta -

Apa yang biasa dilakukan setelah berhubungan intim? Mengobrol? Memesan makanan? Atau tarik selimut dan langsung tidur? Tentunya setiap pasangan memiliki kebiasaan berbeda, namun ada beberapa hal dianjurkan untuk dilakukan oleh wanita setelah berhubungan intim. Beberapa kebiasaan tersebut harus dibiasakan untuk mencegah masalah kesehatan dan menjaga organ intim agar tetap sehat.

Dilansir dari Women’s Health, hal pertama yang harus dilakukan setelah berhubungan intim adalah mengosongkan kandung kemih dengan buang air kecil. Ketika vagina bertemu dengan penis, bakteri bisa masuk ke kandung kemih. Robert Wool, MD, ob-gyn, mengatakan bahwa ini bisa memicu infeksi kandung kemih pasa berhubungan. Wool menyarankan untuk buang air kecil dalam waktu satu jam setelah berhubungan intim. Setelah itu, seka dari depan ke belakang untuk menghindari penyebaran kotoran dari anus ke vagina.

Kemudian, apakah membersihkan vagina diharuskan setelah berhubungan intim? Membersihkan organ intim memang penting namun penggunaan sabun tidak diperlukan. Wool mengatakan bahwa penggunaan sabun untuk membersihkan vagina hanya akan menyebabkan iritasi dan kekeringan. “Vagina adalah organ yang membersihkan diri dan perlu dirawat dengan sangat lembut,” kata Leslie EF Page, MD.

Jika ingin membersihkan vagina, cukup gunakan tisu toilet atau bersihkan dengan air hangat dan cuka. Campurkan satu sendok teh cuka dengan satu liter air, kemudian seka vagina dengan kain lap yang sudah dibasahi larutan cua tersebut. “Cuka membersihkan secara lembut dan membantu menjaga keasaman kulit,” jelas Page.

Ilustrasi pasangan setelah berhubungan intim.
Ilustrasi pasangan/Freepik

Penggunaan bahan sensitif seperti alkohol, gliserin, dan wewangian tertentu tidak disarankan untuk membersihkan vagina karena rentan menimbulkan masalah kulit. Selanjutnya, yang harus dilakukan setelah berhubungan intim adalah memakai pakaian dalam yang nyaman untuk organ intim.

Pakaian dalam dengan bahan nilon, rayon, dan poliester tidak disarankan. Pasalnya, setelah berhubungan intim, kulit cenderung hangat dan lembab sehingga pakaian dalam yang sebaiknya dipakai adalah yang berbahan katun. Terakhir, berendam dengan air hangat bersama pasangan setelah berhubungan intim sangat tidak disarankan.

“Ketika vulva membengkak sebagai respons terhadap rangsangan seksual, ini menunjukkan pembukaan vagina, yang berarti kemungkinan terkena infeksi lebih besar,” ucap Page. Sementara itu, berendam air hangat di bak mandi bersama pasangan berarti vagina dapat terpapar bakteri di kulit dan anus.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id