sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Libido Seks TIba-Tiba Menurun? Mungkin Hal Ini Jadi Alasannya

Dyah Na | Kamis, 05 Nov 2020 02:00 WIB
Libido Seks TIba-Tiba Menurun? Mungkin Hal Ini Jadi Alasannya
caption
Jakarta -

Dorongan seks tidak jarang mengalami gelombang pasang surut. Kadang-kadang kamu sedang dalam mood untuk bercinta, namun di lain waktu kamu tak tertarik dengan seks sama sekali.

Sangat normal kalau kamu melewati saat-saat libido tinggi dan rendah. Sebenarnya apa yang dapat menyebabkan libido rendah? Dilansir dari Glam, hal ini ternyata bisa jadi penyebab rendahnya tingkat libido.

Stres dan Kecemasan

Kecanduan seksual paling tepat digambarkan sebagai gangguan keintiman yang ditandai dengan pikiran dan tindakan seksual yang kompulsif.Stres dan Kecemasan/Freepik.com

Stres dan kecemasan kronis dapat menyebabkan libido menurun. Tekanan seputar pekerjaan dan keluarga membuat banyak orang menghadapi stres yang terus-menerus. Penelitian menunjukkan bahwa stres kronis mempengaruhi konsentrasi hormon seks sehingga menyebabkan rendahnya tingkat gairah genital pada wanita.

Perubahan Hormon

Wanita mengalami perubahan hormonal besar sepanjang hidup mereka, termasuk selama perimenopause dan menopause, kehamilan, dan pasca kehamilan. Bahkan memasang dan melepas kontrasepsi juga dapat berdampak.

Seks yang Menyakitkan

Daripada berbohong tentang alasan pertengkaran, mencari alasan yang dibuat-buat, dan melakukan make-up sex, duduklah dan lakukan diskusi yang jujur ​​tentang bagaimana pertengkaran dimulai dan mengapa hal itu menyebabkan pertengkaran.Seks yang Menyakitkan/Freepik.com

Merasa sakit saat berhubungan seksual adalah alasan lain mengapa kamu mungkin mengalami penurunan libido seks. Bagi banyak wanita, penyebab rasa sakit tersebut seringkali adalah vagina kering. Penyebab nyeri lain mungkin termasuk disfungsi dasar panggul, labia robek, PMS atau infeksi, vaginismus, PCOS, dan endometriosis.

Penyakit Medis

Penyakit medis seperti hipertensi, diabetes, penyakit saraf, dan kanker dapat merusak hasrat dan fungsi seksual. Jika kamu sudah didiagnosis, bicarakan dengan dokter tentang cara-cara untuk meningkatkan nafsu seksual. Jika curiga kamu memiliki masalah medis yang mendasari, penting untuk mengatasi dan mengelolanya terlebih dahulu, kemudian berdiskusi tentang bagaimana hal itu dapat memengaruhi libido dan perawatan yang tepat.

Pengobatan

Buah kelengkeng dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.Pengobatan/Freepik.com

Ada sejumlah obat yang dapat mengganggu hasrat kamu untuk berhubungan seks, baik secara langsung dengan memengaruhi kadar hormon maupun secara tidak langsung. Salah satu kategori yang paling umum adalah antidepresan. Jika Kamu menggunakan antidepresan dan mengalami penurunan libido, bicarakan dengan dokter

Kamu Tidak Menikmati Seks

Jika pasangan tidak membuat kamu bersemangat, kamu tidak menerima kesenangan atau pasangan kamu selesai sebelum kamu orgasme, bisa jadi kamu akan menjadi tidak terangsang. Solusinya adalah meningkatkan komunikasi dengan pasangan kamu. Seks harus menjadi pengalaman bersama yang sama menyenangkannya.

Tentu saja, kamu mungkin tidak menikmati seks karena alasan selain kurang orgasme . Misalnya: hubungan yang monoton, hubungan seks yang terlalu kasar, atau kurangnya hubungan intim.

Sekali lagi, komunikasi adalah kuncinya di sini. Mulailah dengan berbicara dengan pasangan kamu. Jika masalah tetap ada, kamu mungkin ingin mempertimbangkan konseling hubungan.

Trauma seksual, perasaan malu, dan masalah citra tubuh juga dapat menyebabkan libido rendah. Dalam kasus ini, penting untuk berbicara dengan pakar kesehatan mental. Mereka akan membantu kamu mengatasi pikiran dan perasaan ini sehingga dapat lebih menikmati seks.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id