sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Mr.P Kok Gak Mau Bangun? Waspada Gejala Disfungsi Ereksi yang Harus Kamu Antisipasi

Rumaysha Milhania | Sabtu, 19 Dec 2020 02:00 WIB
Mr.P Kok Gak Mau Bangun? Waspada Gejala Disfungsi Ereksi yang Harus Kamu Antisipasi
caption
Jakarta -

Disfungsi ereksi bukan hanya tentang masalah pria yang tidak bisa mencapai ereksi. Faktanya, seringkali pria bisa ereksi ternyata menderita beberapa gejala awal disfungsi ereksi. DE lebih merupakan tentang ketidakmampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk melakukan hubungan seks yang memuaskan. Kepuasan adalah kata kunci dalam definisi itu. Itulah yang menyebabkan ini mencakup banyak hal.

Disfungsi ereksi bukan hanya tentang masalah pria yang tidak bisa mencapai ereksi. Faktanya, seringkali pria bisa ereksi ternyata menderita beberapa gejala awal disfungsi ereksi.
Disfungsi Ereksi/ Sumber: Freepik.com

Apa gejala DE yang paling umum?

Berikut ini adalah beberapa gejala disfungsi ereksi yang paling umum:

  • Kesulitan ereksi
  • Ereksi yang kurang keras
  • Ereksi yang tidak bertahan cukup lama

DE tidak hanya memengaruhi kemampuan seorang pria untuk berhubungan seks. Itu juga dapat memengaruhi hasrat seksualnya. Di sisi lain, pria dengan masalah disfungsi ereksi mungkin kurang tertarik pada seks karena kekhawatiran seputar masalah yang dimilikinya. Depresi dan kecemasan juga dapat berkontribusi dan diakibatkan oleh DE. Pasalnya, seorang pria mungkin mengalami stres dalam berhubungan karena masalah DE.

DE tidak hanya memengaruhi kemampuan seorang pria untuk berhubungan seks. Itu juga dapat memengaruhi hasrat seksualnya. Di sisi lain, pria dengan masalah disfungsi ereksi mungkin kurang tertarik pada seks karena kekhawatiran seputar masalah yang dimilikinya.
Disfungsi Seksual/ Sumber: Freepik.com

Seperti beragam kinerja organ lain di tubuh manusia, ereksi akan menurun seiring bertambahnya usia pria. Mungkin ereksi kamu tidak sekuat atau sesering dulu. Atau mungkin, kamu akan mendapatkan ereksi yang cenderung lebih lembut atau tidak bertahan lama saat usia bertambah. Gejala disfungsi ereksi bervariasi tergantung pada kesehatan, usia, aktivitas seksual, gaya hidup, dan kebiasaan.

Namun, perlu diketahui bahwa ini merupakan hal yang wajar untuk mengalami saat-saat ketika seks bukanlah hal terpenting dalam pikiranmu. Stres, kekhawatiran finansial, gangguan pada rutinitas, penyakit, atau bahkan masalah hubungan dapat menurunkan gairah dan ereksi. 

Tetapi ketika kamu atau pasanganmu melihat perubahan pada ereksi yang kamu dapatkan, penting untuk berbicara dengan dokter untuk mengetahui penyebab yang mendasari DE. Disfungsi ereksi terkadang merupakan tanda peringatan awal dari kondisi kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung.

Tekanan darah tinggi, diabetes, testosteron rendah, dan kolesterol tinggi juga bisa menjadi penyebab DE pada pria sehat.
Disfungsi Ereksi/ Sumber: Freepik.com

Pahami betul jika ereksi pada dasarnya dapat menjadi cara kamu menganalisis apakah aliran darahmu berjalan dengan baik. Pasalnya, pembuluh darah di penis jauh lebih kecil daripada pembuluh darah yang masuk ke jantung. Jika arteri kamu tidak sehat, tanda-tandanya mungkin muncul sebagai disfungsi ereksi sebelum kamu mengalami gejala jantung.

Tekanan darah tinggi, diabetes, testosteron rendah, dan kolesterol tinggi juga bisa menjadi penyebab DE pada pria sehat. Jangan berasumsi bahwa itu akan berlalu, terutama jika gejalanya semakin memburuk dari waktu ke waktu. Segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan terbaik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id