sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Seks Pertama Setelah Operasi Caesar, Ini yang Harus Kamu Persiapkan

Rumaysha Milhania | Selasa, 19 May 2020 21:00 WIB
Seks Pertama Setelah Operasi Caesar, Ini yang Harus Kamu Persiapkan
caption
Operasi caesar bikin kamu ragu untuk mulai berhubungan seks lagi? Jangan khawatir, simak tips mempersiapkan diri untuk kembali aktif secara seksual setelah operasi caesar berikut ini!

Jika kamu baru saja melahirkan melalui operasi caesar, kamu mungkin akan bertanya-tanya kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk memulai kembali kehidupan seks secara aktif. Kamu mungkin dapat berasumsi bahwa karena kamu tidak menjalani proses kelahiran melalui vagina maka kamu dapat berhubungan seks kapan pun. Namun, sayangnya ini tidak benar.

Meskipun persalinan caesar tidak dilakukan dengan melalui vagina, ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh para wanita sebelum akhirnya kembali aktif secara seksual. Untuk itu, simak ulasan tentang persiapan seks pertama setelah operasi caesar berikut ini!

Seks Setelah Operasi Caesar

Setelah menjalani caesar, kamu tidak bisa langsung aktif secara seksual meskipun proses persalinan yang kamu jalani tidak melalui vagina. Faktanya, kamu masih harus menunggu sekitar enam minggu sebelum akhirnya bisa kembali berhubungan seks.

Selama periode waktu itu kamu akan menjalani check-up enam minggu pasca kelahiran. Pada masa itu, dokter atau bidan ingin memastikan bahwa jahitanmu sudah benar-benar pulih dan kamu sudah sembuh dengan baik. Tidak hanya itu, kamu juga harus mengingat bahwa pendarahan pasca persalinan juga akan terjadi pada wanita yang menjalani operasi caesar.


Foto: https://flo.health/


Perhatikan Posisi saat Berhubungan Seksual 

Ketika kamu sudah mulai diizinkan untuk melakukan hubungan seksual oleh dokter, kamu tetap harus mempertimbangkan beberapa faktor lain sebelum memutuskan waktu yang tepat untuk kamu dan pasangan melakukannya kembali. Salah satu di antaranya adalah mempertimbangkan jahitan yang dimiliki istri. Apabila jahitan masih belum kering, hindari posisi misionaris yang berisiko memberi terlalu banyak tekanan pada jahitan dan ini akan sangat menyakitkan. 
 



Pertimbangkan Pelumasan Vagina

Tidak hanya itu, kamu juga mungkin perlu menyiapkan pelumas vagina untuk membantu membuat seks setelah melahirkan lebih nyaman. Sebagian besar ibu akan memiliki masalah dengan pelumasan, khususnya jika mereka menyusui atau menggunakan kontrasepsi hormonal. Pasalnya, berubahnya hormon saat menyusui dapat membuat berkurangnya produksi pelumas alami pada vagina. 
 



Foto: https://www.bustle.com/


Jangan Lupa Gunakan Alat Kontrasepsi

Baru saja melahirkan bayi tidak akan mencegahmu dari kehamilan. Bahkan jika kamu belum menstruasi, kamu masih memiliki kemungkinan untuk berovulasi. Dengan kata lain, kamu masih bisa untuk hamil! Sayangnya, mengingat kamu masih perlu menjalani pemulihan pasca persalinan, sangat penting untuk mencegah kehamilan dalam jarak dekat terjadi. Jadi, pastikan untuk menggunakan alat kontrasepsi sebelum kembali aktif secara seksual.
 



Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan sebelum kembali aktif secara seksual. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id