sign up SIGN UP

FASHION

Gak Perlu ke Salon, Ini 5 Tips Merawat Rambut Selama di Rumah Aja

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 19 May 2020 10:00 WIB
Gak Perlu ke Salon, Ini 5 Tips Merawat Rambut Selama di Rumah Aja
caption
Ingin melakukan perawatan rambut selama di rumah aja, tapi masih bingung caranya? 5 tips ala Beautynesia ini bisa kamu coba.

Rambut menjadi salah satu ikon simbolik kecantikan seorang wanita. Tidak heran jika banyak wanita yang rela bolak balik salon untuk melakukan perawatan rambut. Berhubung situasi saat ini yang mengharuskan di rumah aja, merawat sendiri rambut di rumah adalah solusinya. Beautynesia punya 5 tips merawat rambut selama di rumah aja berikut ini.


Tidak Menggosok Rambut dengan Handuk Sehabis Keramas




Foto: Istimewa
Ladies, tidak diperbolehkan untuk menggosok rambut dengan handuk setelah keramas. Ya, suatu kesalahan yang sudah sering sekali dilakukan dengan dalih ingin mengeringkan rambut. Namun faktanya, kebiasaan tersebut dapat merusak rambut karena kondisi rambut yang basah selesai keramas sangat rentan patah dan rontok. Untuk mengantisipasinya, maka sebaiknya biarkan saja rambut mengering dengan sendirinya.

Frekuensi Kerams dan Bijak Memilih Shampoo




Foto: Istimewa
Suatu statment yang banyak dipercaya oleh banyak orang adalah terlalu sering mencuci rambut malah akan membuat rambut menjadi rusak karena kehilangan minyak alaminya. Namun faktanya, kamu dianjurkan untuk mencuci rambut dengan sampo 2 kali sehari. Meski demikian, yang perlu diperhatikan adalah sampo yang digunakan. Pilihlah shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut kamu.

Jika kondisi rambutnya kasar, maka sebaiknya gunakan shampoo yang dapat melembutkan dan mengurangi kusut. Sebaliknya, jika kondisi rambut kering, maka pilihlah shampoo yang mengandung gliserin dan kolagen guna menjaga kelembapan rambut. 

Memakai Masker Rambut Alami




Foto: https://wholefully.com/avocado-deep-conditioning-hair-mask/
Siapa bilang kalau mau pake masker rambut harus selalu mahal? Pada kenyataannya, tidak kok. Selama di rumah aja, memang tidak memungkinkan Beautyensian untuk ke salon dan melakukan perawatan dengan masker rambut. Untuk itu, solusinya adalah membut masker rambut sendiri dari bahan-bahan alami. Lidah buaya dan alpukat adalah dua bahan alami yang bisa dijadikan bahan masker rambut alami yang kaya akan manfaat.

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan saja daging lidah buaya dengan daging buah alpukat kemudian campurkan. Setelah itu, oleskan ke seluruh permukaan rambut. Tunggu beberapa saat supaya meresap, lalu bilas. Kegiatan ini bisa kamu lakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mengonsumsi Makanan untuk Penuhi Asupan Vitamin Rambut.




Foto: Istimewa
Perawatan rambut dari luar saja memang tidak cukup. Kamu perlu melakukan perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi suplemen vitamin untuk rambut seperti biotin agar dapat mengatasi  kerontokan pada rambut. Tidak hanya itu, makanan sehari-hari yang dikonsumsi juga patut diperhatikan. Ladies dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti kacang, telur, daging dan ikan untuk dapat membuat rambut menjadi indah dan sehat. 

Memotong Ujung-ujung Rambut Secara Berkala




Foto: Istimewa

Nah, tips yang terakhir adalah memotong rambut secara berkala. Lakukanlah setidaknya 6 hingga 8 kali dalam seminggu. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kerusakan rambut bercabang. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penggunaan alat pemotong rambutnya. Gunakanlah gunting besar dan guntinglah bagian yang ujungnya bercabang sebanyak setengahnya.



(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id