sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Vagina Terasa Sakit Saat Berhubungan Badan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Rumaysha Milhania | Sabtu, 13 Jun 2020 02:00 WIB
Vagina Terasa Sakit Saat Berhubungan Badan? Mungkin Ini Penyebabnya!
caption

Rasa sakit atau nyeri saat hubungan seksual sebenarnya sangatlah umum terjadi. Bahkan, diperkirakan 3 dari 4 wanita pernah merasakan sakit di beberapa waktu dalam hidup mereka saat melakukan hubungan badan. Seks yang menyakitkan, atau yang juga banyak dikenal dengan sebutan dispareunia, pada umumnya terjadi karena beberapa hal terkait kondisi vagina. Berikut ini adalah penyebab yang paling umum dan cara tepat menanganinya:

Vaginitis

Vaginitis merupakan sebuah kondisi di mana seorang wanita mengalami infeksi bakteri atau ragi. Infeksi ini kemudian akan menyebabkan rasa terbakar dan gatal. Jika ini terjadi, biasanya dokter akan memberikan resep obat berupa antibiotik. Sayangnya, kondisi ini hanya akan hilang jika sumber masalahnya memang merupakan bakteri. Sedangkan, penggunaan obat berlebihan dapat berisiko membuatmu lebih sulit untuk mengobati infeksi serupa di masa depan.


image
pasangan/freepik.com

Cidera Vagina

Rasa sakit saat berhubungan badan juga bisa terjadi akibat cidera pada vagina. Kondisi ini paling sering terjadi sebagai dampak dari proses persalinan, khususnya karena robekan atau episiotomi yang menjadi penyebab rasa sakit saat berhubungan. Jika kamu baru saja melahirkan dan kerap merasakan dispareunia, kamu disarankan untuk menunggu sedikit lebih lama sebelum melanjutkan aktivitas seksual untuk menghindari rasa tidak nyaman yang berkelanjutan.

image
vaginismus/freepik.com

Kelainan Bawaan

Masalah struktural yang muncul sejak lahir dapat menyebabkan dispareunia. Diketahui beberapa wanita memiliki kondisi yang disebut agenesis vagina, atau vagina yang belum sepenuhnya terbentuk. Tidak hanya itu, ada pula kelainan lain yang mungkin menjadi penyebab, seperti pengembangan selaput dara imperforata.

Menopause

Selama menopause, vagina akan kehilangan elastisitas dan kelembapannya. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan perawatan berupa terapi penggantian hormon, penggunaan pelumas, atau foreplay yang lebih lama. 

image
pasangan suami istri/freepik.com

Vaginismus

Vaginismus merupakan kondisi di mana otot-otot vagina mengalami kejang dan berkontraksi. Hal ini tidak hanya membuat seks menyakitkan, tetapi juga dapat menyebabkan masalah saat kamu akan mencoba menggunakan tampon atau cawan menstruasi. Rasa sakit ini juga bisa muncul selama menjalani tes papsmear.

Jika kamu merasakan sakit atau tidak nyaman saat melakukan hubungan badan, cobalah segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan membantumu menemukan penyebab dan perawatan terbaik untuk mengatasinya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id