sign up SIGN UP

LIFE

4 Fakta tentang Miss V yang Wajib Diketahui oleh Wanita

tyana | Rabu, 03 Jun 2020 17:00 WIB
4 Fakta tentang Miss V yang Wajib Diketahui oleh Wanita
caption

Organ tubuh kewanitaan cenderung mendapat sedikit perhatian daripada bagian yang lainnya. Banyak wanita yang masih tabu membicarakan hal ini, sehingga informasi yang didapat pun sedikit. Sayangnya, informasi yang sedikit membuat kita salah dapat memperhatikan bagian sensitif ini, sehingga membuat masalah dalam bagian vagina. Oleh karena itu, inilah empat fakta tentang miss V yang wajib kita ketahui.

Memiliki PH 4,5

image
fakta wanita/pinterest.com/csaltnchocolate/

 Ladies, untuk menjaga kesehatan reproduksi kita diwajibkan untuk membersihkan bagian kewanitaan atau vagina setiap setelah membuang air kecil dan besar. Mengganti celana dalam setiap hari juga merupakan salah satu hal yang wajib banget kita lakukan. Hal ini dikarenakan vagina merupakan bagian yang lembap dan tempat yang baik dalam pertumbuhan bakteri.

Menjadi tempat pertumbuhan bakteri tak selamanya merugikan, karena vagina memiliki pH sekitar 3,8-4,5 yang dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri baik. Untuk itu saat membersihkan bagian ini harus hati-hati dalam memilih produk yang tepat. Pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol dan parfum karena dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat yang merugikan.


Didominasi Bakteri Baik

image
permasalahan wanita/pinterest.com/bellamae02/

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa vagina memiliki pH sekitar 3,8-4,5 yang merupakan tempat hidup bakteri baik. Bakteri baik dalam vagina dapat menekan pertumbuhan produksi bakteri jahat yang merugikan.

Untuk meningkatkan bakteri baik dalam vagina kita dapat melakukan beberapa macam cara seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri proprobiotik Lactobacillus acidophilus. Hal ini dikarenakan bakteri satu ini dapat mencegah infeksi vagina dan menyeimbangkan pH. Kita juga wajib banget mengganti pembalut minimal 3 kali sehari saat menstruasi agar pH vagina tetap seimbang.

Bau Pada Miss V

image
wanita/pinterest.com/saranw/

Banyak wanita tidak nyaman dengan bau pada miss V. Ladies, bau pada vagina tak selamanya merupakan tanda-tanda permasalahan dalam area ini. Vagina memang memiliki bau yang khas karena merupakan tempat yang lembab agar bakteri baik tetap hidup. Membersihkan vagina dengan menggunakan pewangi dapat meningkatkan pH sehingga bakteri merugikan dapat hidup. Meningkatkan pH juga dapat membuat vagina kering dan rentan terhadap iritasi.

Banyak mitos juga bau pada vagina dikarenakan makanan yang kita konsumsi. Hal ini tak selamanya salah, karena ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan bau pada vagina salah satunya adalah nanas. Bau vagina yang menyengat dan disertai dengan sakit ataupun keputihan sebaiknya tidak dianggap remeh dan segera konsultasi ke dokter.

Memproduksi Squalene

image
perempuan/pinterest.com/rbmcknnn/

Merupakan tempat yang lembab, ternyata vagina juga memproduksi senyawa bernama squalene. Hal itu juga diproduksi pada organ hati manusia. Senyawa ini bermanfaat untuk melembapkan kulit karena memiliki antioksidan yang tinggi. Squalene biasanya terdapat pada produk pelembab kulit, tetapi senyawa ini biasanya didapat dari ekstraksi minyak ikan terutama ikan hiu.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id